Bangkitkan Pariwisata Gili Trawangan, APGT Inisiatif Gelar Gili Triathlon

Gili Trawangan

Tanjung (Suara NTB) – Sektor pariwisata pascabencana gempa belum sepenuhnya normal. Butuh upaya kerjasama semua pihak untuk meningkatkan jumlah wisatawan seperti sebelumnya.

Asosiasi Pengusaha Gili Trawangan (APGT) mempunyai satu inisiatif untuk mendorong bertambahnya kunjungan wisatawan ke Lombok Utara khususnya 3 Gili. Bekerjasama dengan Gili Hotel Association (GHA) dan Gili Eco Trust, APGT menggelar even Gili Strong Triathlon 2018.

Ketua APGT, Acok Zaini Baso, kepada wartawan Jumat, 7 Desember 2018, mengungkapkan event wisata Gili Triathlon akan digelar pada tanggal 22 Desember mendatang di Gili Trawangan. Para peserta yang diharapkan berpartisipasi tidak hanya wisatawan mancanegara tetapi juga domestik dan warga lokal Lombok Utara yang bermukim di 3 pulau.

“Kita menggagas event tourism Gili Strong Triathlon 2018 untuk mendukung NTB Bangkit, Lombok Bangkit. Kita berharap sebanyak-banyaknya wisatawan ikut berpartisipasi,” ujarnya.

Acok menyebut event sport tourism yang diadakan secara swadaya oleh para pengusaha menggabungkan lari marathon, renang dan bersepeda. Para peserta akan berkompetisi lari maraton sejauh 7 km,

estafet dengan renang 600 meter, dan bersepeda 5 km.

“Rute lintasannya di Pulau Gili Trawangan, dengan posisi start dan finishing yang sudah dirancang. Selain berkompetisi olahraga, peserta juga bisa menikmati keindahan Gili Trawangan,” katanya.

Acok menyebut momen keramaian yang melibatkan wisatawan nantinya akan dipublikasikan oleh seluruh hotel di Gili Trawangan melalui media sosial, media online maupun komunikasi bisnis yang sudah dibangun oleh para pengusaha. Diharapkan pula, image dan citra pariwisata 3 Gili dapat menarik kesan positif bagi para pelancong yang ada maupun yang akan datang.

“Event ini merupakan kiat teman-teman pelaku wisata di sini untuk Lombok Bangkit. Selain itu juga untuk mendongkrak tingkat hunian, occupancy di Trawangan,” imbuhnya.

Ia menambahkan promosi wisata melalui Gili Strong Triathlon sedang dimatangkan oleh panitia acara. Pasalnya acara yang akan digelar tidak hanya menarik tetapi juga berkesan. Bagi peserta yang akan ikut di kejuaraan ini, panitia sudah menentukan biaya pendaftaran. Untuk peserta lari triathlon dikenakan biaya, individu Rp200 ribu dan tim Rp300 ribu. (ari)