Gempa Beruntun Kembali Guncang Lombok Siang Tadi

Episenter gempa pertama dan kedua. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Gempa beruntun sebanyak dua kali dirasakan di Pulau Lombok,  Sabtu,  17 November 2018,  siang tadi. Pusat gempa berada di wilayah Lombok Utara.  Gempa pertama bermagnitudo 3,9 dan gempa kedua brrmagnitudo 2,8.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram,  Agus Riyanto,  SP,  MM menjelasksn hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 3,9. Episenter terletak pada koordinat 8,35 LS dan 116,09 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 21 km barat laut Lombok Utara, NTB pada kedalaman 11 km.

“Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lombok Utara, Mataram, Lombok Barat dan Lombok Tengah III MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, ” kata Agus.

Sedangkan gempa kedua terjadi Sabtu, 17 November 2018 pukul 13:56:03 WITA. Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 2,8 magnitudo. Episenter terletak pada koordinat 8,33 LS dan 116,06 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 24 km barat laut Lombok Utara, NTB pada kedalaman 10 km.

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, kata Agus,  gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Trust).

“Kepada masyarakat di wilayah Lombok diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, ” pintanya. (nas)