Sukses di Mandalika, TNI Marathon Jadi Ajang Tahunan

0
111
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, menyerahkan hadiah kepada juara TNI Marathon International kelas 42K, Josh W, asal Kenya, Minggu, 4 November 2018 kemarin. (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Gelaran perdana event TNI Marathon International 2018 di kawasan The Mandalika Kuta, Lombok Tengah (Loteng), Minggu, 4 November 2018 kemarin, berlangsung sukses. Dengan suksesnya event tersebut,  TNI Marathon International  akan dijadikan kegiatan tahunan yang digelar pada tiap perayaan HUT TNI.

Demikian disampaikan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, kemarin. Diakuinya, meski masih banyak kekurangan dan kelemahan dalam hal penyelenggaran, namun secara umum pelaksanaan event TNI Marathon International 2018 berjalan sesuai harapan. ‘’Dan, kita berencana setiap tahun ingin mengadakan event marathon seperti ini,’’ ujarnya.

Hanya saja, akunya untuk lokasi penyelenggaran event TNI Marathon berikutnya kemungkinan tidak dilaksanakan di kawasan The Mandalika lagi. Tapi akan digilir di destinasi-destinasi wisata nasional yang ada. Terutama di tujuh destinasi wisata yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat sebagai prioritas pengembangan pariwisata.

Bisa di Pulau Komodo, Raja Ampat atau di destinasi-destinasi wisata nasional yang butuh untuk diangkat (dipromosikan). Tidak meski lomba lari marathon saja. Bisa juga dipadukan dengan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan peringatan HUT TNI di masa yang akan datang.

Baca juga:  Danrem Ancam Pelaku Pembalakan Liar

‘’Yang jelas di destinasi-destinasi wisata yang perlu diangkat. Tidak menutup kemungkinan juga digelar lagi di kawasan The Mandalika,’’ ujar Panglima TNI.

Untuk event di kawasan The Mandalika sendiri memang sedikit tertunda pelaksanaannya. Dari semua yang direncakana pada tanggal 23 September. Mundur hingga tanggal 4 November. Mengingat, kondisi NTB dan Pulau Lombok pada khususnya yang tengah dilanda bencana gempa. Sehingga mau tidak mau harus diundur.

Di singgung soal kesan beberapa peserta asing pada event TNI Marathon International, Panglima TNI mengaku cukup baik. Bahkan hampir semua peserta mancanegara mengaku sangat puas. Baik itu dari sisi pelaksanaannya maupun layanan yang diberikan.

Baca juga:  Danrem Ancam Pelaku Pembalakan Liar

‘’Yang paling berkesan dari para peserta ialah lokasi penyelenggaraan yang sangat indah. Ditambah dengan masyarakat yang begitu ramah,’’ imbuhnya.

Namun yang penting dari semua itu, lanjut Hadi, ialah bagaiaman event TNI Marathon International tersebut bisa mendukung recovery pariwisata Lombok pada khususnya dan NTB pada umumnya. Karena melalui event tersebut, bisa menunjukkan kepada dunia internasional  bahwa NTB aman dan bisa menerima wisatawan.

‘’Meski baru saja dilanda bencana, tapi dengan adanya event ini menunjukkan kalau Lombok bisa menerima wisatawan dan aman untuk dikunjungi,’’ tegasnya.

Pada event tersebut, TNI selaku penyelenggaran juga menyuguhkan berbagai atraksi dan pertunjukkan yang cukup menghibur ribuan pengunjung. Mulai dari pameran alat utama sistem pertahanan (Alutsita) dan atraksi terjun payung yang diikuti 73 personel gabungan TNI. Kegiatan ditutup dengan atraksi terbang akrobatik dari Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU. (kir)