Mendengar Masukan Pelanggan, Garuda Indonesia Layani Penumpang di Pesawat

SAJIKAN MAKANAN - Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara turun langsung melayani pelanggan di pesawat dalam menyajikan makanan. (Suara NTB/ist)

Denpasar (Suara NTB) – Sebagai bagian dari upaya peningkatan layanan kepada pelanggan, Garuda Indonesia, Minggu (21/10) melaksanakan program “CEO on Board” pada penerbangan GA 421 Rute Denpasar – Cengkareng yang dioperasikan dengan armada B777-300ER.

Berbeda dengan penerbangan Garuda Indonesia lainnya, pada penerbangan GA 421 ini seluruh jajaran direksi Garuda Indonesia turun langsung mempersiapkan layanan penerbangan di masing-masing lini operasional.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara  menyebutkan, hal ini baru pertama kalinya dilakukan oleh Garuda Indonesia. Adapun Penerbangan GA421 dipilih sebab rute Bali-Jakarta pada akhir pekan merupakan salah satu penerbangan paling diminati mengangkut 300 lebih penumpang.

“Melalui pelaksanaan program ini, Garuda Indonesia bermaksud menyerap aspirasi pelanggan secara langsung sekaligus menambah “insight” upaya peningkatan layanan dengan mendengarkan pandangan pelanggan atas kualitas layanan penerbangan Garuda Indonesia,” ungkap Ari Askhara.

Selain mendengarkan masukan pelanggan secara langsung, pada kesempatan tersebut Dirut Garuda Indonesia Ari Askhara juga turut membantu awak kabin dengan turun langsung melayani pelanggan di pesawat dalam menyajikan makanan. Selain itu, Direktur Operasi Garuda Indonesia Capt Bambang Adisurya Angkasa juga turut serta berpartisipasi pada penerbangan tersebut dengan menjadi Pilot in Command (PIC).

“Melalui pelaksanaan kegiatan ini kami percaya, bahwa bisnis layanan jasa yang baik, tidak dapat tercapai tanpa adanya kesadaran untuk mendengar lebih dekat masukan dan kritik dari pelanggan,” papar Ari.

Inisiatif yang perusahaan lakukan ini juga diharapkan dapat memberikan nilah tambah atas pengalaman penerbangan para pelanggan sekaligus menunjukan bahwa keterlibatan dan masukan langsung para pelanggan memiliki arti tersendiri bagi upaya peningkatan layanan Perusahaan.

“Dengan karakteristik pelanggan yang semakin beragam dan tuntutan atas standarisasi kepuasan layanan yang terus meningkat, pendekatan langsung seperti yang kami lakukan pada hari ini tentunya diharapkan dapat mendukung upaya berkelanjutan Perusahaan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan,’’ jelas Ari.

Upaya peningkatan kualitas layanan yang terus dilakukan Garuda Indonesia dari berbagai lini operasional telah mengantarkan Garuda Indonesia menjadi salah satu dari 11 (sebelas) maskapai penerbangan dunia yang berhasil meraih sertifikasi layanan bintang 5 dari Skytrax sejak 2014 lalu.

Selain itu, Garuda Indonesia juga menjadi satu-satunya maskapai penerbangan dunia yang mampu meraih penghargaan The World’s Best Cabin dari Skytrax selama 5 tahun berturut-turut.

Melalui konsep layanan Garuda Indonesia Experience yang mengedepankan keramahtamahan dan kekayaan budaya Indonesia, Garuda Indonesia secara berkelanjutan memfokuskan titik layanan pada 28 touch point , yang mencakup lima area servis: pre journey, pre-flight, in flight, post flight dan post journey.

Lebih lanjut, Garuda Indonesia juga terus memperluas akses pelanggan dalam menyampaikan masukan dan kritik melalui pengembangan platform digital dan social media sekaligus wadah konvensional seperti call center 24 jam hingga live chat. (*)