Pesawat Hercules Berdatangan Bawa Bantuan

Mataram (Suara NTB) – Solidaritas untuk  korban gempa Lombok terus mengalir. Bantuan tidak saja datang dari darat, laut, juga udara. Pesawat Hercules milik TNI AU terus berdatangan membawa logistik tidak saja dari kalangan militer, juga sipil dan lembaga dontur.

Kamis, 23 Agustus 2018 kemarin, sedikitnya dua pesawat Hercules mendarat di Bandara TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) Mataram. Bantuan ini dikirim donatur di Jawa Barat. Tidak hanya tenaga pesawat Hercules, pesawat tempur jenis CN bahkan diterjunkan untuk  membawa logistik.

‘’Dalam sehari, sampai enam sorty (angkut) menggunakan Hercules.  Paling sedikit dua sorty,’’ kata Danlanud TGKH. M. Zainuddin Abdul Majid, Kol. Nav. Budi Handoyo kepada Suara NTB Kamis sore.

Pesawat dengan kapasitas 20.000 Kg itu mengangkut berbagai jenis logistik berbagai jenis, sesuai kebutuhan pengungsi. Setiap pesawat Hercules atau CN tiba, sejumlah truk milik TNI AD merapat memindahkan logistik dibantu truk milik sipil. Sebagian disimpan di eks bandara, sebagian didroping langsung ke posko atau pengungsi.

Menurut Danlanud, penggunaan pesawat militer sebagai alat angkut bantuan logsitik memang perintah langsung dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang meminta armada AU dikerahkan, demi memaksimalkan bantuan untuk korban gempa di Lombok.

Selain memantau keluar masuknya pesawat, Danlanud juga menyiapkan dapur umum di markasnya. Masyarakat yang mengungsi di sekitar Lapangan Rembiga diberikan bantuan makanan setiap hari. Sementara pengungsi di daerah lain seperti di Lombok Barat dan KLU, dibantu dengan droping langsung ke pengungsi. (ars)