Tingkatkan Kesehatan Masyarakat, Dikes Dompu Targetkan Semua Puskesmas Terakreditasi

Dompu (Suara NTB) – Peningkatan derajat kesehatan masyarakat menjadi target Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu dalam memberikan pelayanan. Upaya mengakreditasi semua Pusat Layanan Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) tahun 2018 untuk mengoptimalkan SDM dalam memberikan pelayanan sesuai standar operasional pelayanan (SOP).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Hj Iris Juwita, SKM, MMKes kepada wartawan usai penyerahan piagam penghargaan kepada puskesmas dan tenaga medis berprestasi oleh Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin usai upacara peringatan detik – detik proklamasi kemerdekaan RI ke 73, Jumat, 17 Agustus 2018. “Peningkatan derajat kesehatan masyarakat jadi target Dikes,” kata Hj Iris Juwita.

Ia juga mengajak semua pihak untuk ikut terlibat dalam meningkatkan derat kesehatan masyarakat. Tidak mungkin hanya oleh pemerintah atau Dinas Kesehatan saja yang berperan dalam menyadarkan masyarakat untuk hidup bersih, tapi harus didukung semua pihak. “Termasuk media dalam menyebarluaskan informasi soal kesehatan,” katanya.

Pada upacara peringatan detik – detik proklamasi kemerdekaan RI ke 73, lanjut Hj Iris Juwita, Bupati menyerahkan piagam penghargaan kepada 5 Puskesmas yang telah mendapat akreditasi yaitu Puskesmas Dompu Kota, Puskesmas Dompu Barat, Puskesmas Dompu Timur, Puskesmas Kempo, dan Puskesmas Rango. Juga diberikan penghargaan untuk puskesmas dengan angka nol kematian bayi selama 3 tahun berturut – turut kepada Puskesmas Ranggo dan puskesmas yang tidak ada kasus gizi buruknya selama 3 tahun berturut – turut kadap Puskesmas Kempo. “Untuk puskesmas yang santun kepada Lansia diraih Puskesmas Dompu Timur,” katanya.

Bupati Dompu, H. Bambang M. Yasin berfoto bersama Kepala Dinas Kesehatan Dompu dan jajaran Dikes Dompu penerima penghargaan

Penghargaan juga diberikan kepada Lurah Karijawa Dompu yang sudah mendeklarasikan STBM, dokter teladan, dan bidan Desa teladan. Berbagai penghargaan ini diberikan sebagai motivasi agar terus memberikan terbaik dalam bidang pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat.

Hj Iris Juwita juga mengungkapkan, tahun 2018 ini ditargetkan semua Puskesmas di Kabupaten Dompu harus terakreditasi. Empat puskesmas di Dompu yang belum terakreditasi yaitu Puskesmas Rasabou Huu, puskesmas Calabai Pekat, puskesmas Kilo, dan puskesmas Soriutu Manggelewa.

Selain itu, pada September 2018 ini juga ditargetkan akan mengoperasionalkan RS Pratama Manggelewa. Pengurusan berbagai ijin yang dibutuhkan hampir rampung dilakukan. “Insyaallah September (2018) kita sudah mengoperasionalkan,” katanya. (ula/*)