JOKOWI – TGB Adalah Representasi Geopolitik yang Seimbang

0
22

Senada dengan pernyataan beberapa kelompok Relawan Jokowi wilayah NTB yang sepakat mendorong dan mendukung TGB (Tuan Guru Bajang Dr. TGH. M. Zainul Majdi, MA) untuk mendampingi Joko Widodo pada putaran Pilpres 2019, Ketua Umum Sekretariat Wilayah Relawan Duta Joko Widodo NTB, Salman Hafiz menyatakan Bahwa Figur TGB sangat tepat mendampingi Jokowi.

Selain perpaduan figur Nasionalis dan Religius, pasangan Jokowi-TGB  juga merupakan representasi Geopolitik Indonesia yang seimbang. Joko Widodo Indonesia barat dan TGB representasi Indonesia Timur.

“Tentu ini bukan politik sektoral ya,cuma representasi ini penting agar semua rakyat negeri ini merasa terwakili,” tegas Salman Hafiz, ketika ditemui di Lombok Timur.

Kenapa harus TGB ? Karena kita memahami dinamika politik bangsa beberapa waktu terakhir,dimana perbedaan afiliasi dan pandangan politik bahkan sudah mengerucut pada benih-benih perpecahan.

Idiom-idiom yang digunakanpun semakin jauh dari nilai-nilai kearifan. Isu agama yang bahkan di luar konteksnya, menjadi senjata untuk menjustifikasi afiliasi dan kecendrungan politik yang berbeda.dan Sosok TGB adalah figur yang tepat untuk mendampingi presiden Jokowi menata benang-benang kusut persatuan bangsa itu.

Baca juga:  Tak Menjabat, TGB akan Kembali Mengajar dan Kampanyekan Jokowi-Ma’ruf

TGB memiliki latar keilmuan yang tak diragukan,birokrat berprestasi yang dibuktikan  dengan keberhasilannya membangun NTB,Ulama Kharismatik dan beliau juga guru bangsa yang tegas menyampaikan pendapat obyektifnya demi kemaslahatan ummat. Walaupun kemudian hal tersebut menuai kontroversi sebagian kalangan.

“Benarkah Masyarakat NTB tidak lagi mendukung TGB karena mendukung Jokowi ? Saya kira itu anggapan yang sangat keliru, dan statement provokatif yang disampaikan segelintir orang yang tidak memahami karakter masyarakat NTB dengan baik. Sebagai putra asli daerah saya memahami betul bagaimana masyarakat NTB mencintai gurunya, menghargai ulama dan menempatkan perbedaan pandangan politik dengan baik. Dan perlu saya tegaskan kepada publik nasional bahwa masyarakat NTB mencintai Tuan Guru Bajang. Bahkan sangat mendukung salah satu tokoh terbaiknya maju ke pentas Nasional apapun partai dan afiliasinya. Karena mereka melihat dan merasakan apa yang telah dilakukan TGB untuk NTB.”

Salman Hafiz juga menegaskan, pihaknya selaku Relawan Duta Joko Widodo NTB, bersama DPD PROJO NTB, Seknas Jokowi, Kawan Jokowi dan beberapa kelompok relawan pendukung Jokowi lainnya di NTB telah membentuk Sekretariat Bersama (Sekber) Relawan Jokowi-NTB. Dengan satu kesepakatan mendukung pasangan JOKOWI-TGB untuk maju pada PILPRES 2019.

Baca juga:  Diprediksi, Pertumbuhan Ekonomi NTB Paling Tinggi Nol Persen

Relawan Duta Joko Widodo NTB, adalah salah satu bagian dari Sekretariat Nasional Relawan Duta Joko Widodo Indonesia yang sangat aktif menggagas,mengkampanyekan dan memenangkan Pasangan Joko Widodo – Jusuf Kalla pada Pilpres 2014.

Di NTB, Relawan ini terbentuk oleh inisiasi sekelompok aktivis dan pegiat LSM,kemudian dengan koordinasi Duta Jokowidodo Nasional langsung bergerak sejak 20 Mei 2014. Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain :

1.Koordinasi pemenangan pasangan Jokowi-JK ( Mei 2014 ).

2.koordinasi Kunjungan Cawapres Jusuf Kalla ke Anjani .

3.Deklarasi Pasangan Jokowi-JK bersama partai pengusung.

4.Kunjungan Silaturrahmi dan Koordinasi Ketua Relawan Duta Jokowi NTB ke kantor Staff Presiden RI.

5.Diskusi Pembangunan NTB bersama Kantor staff Presiden RI.

6.RAKORNAS Gerakan Duta Jokowidodo – Depok.

7.Pengiriman Bantuan Bencana Banjir Bima.

8.Seminar Sosial Media Sehat bersama Deputi-4 Kantor Staff Presiden RI.

9.dll.