Tarik Wisatawan ke NTB, Ini Saran Menkominfo kepada Gubernur

Mataram (suarantb.com) – Menghadiri peringatan HUT NTB ke-59, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo)  RI, Rudiantara mengapreasiasi sejumlah pencapaian NTB hingga saat ini di bawah kepemimpinan Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi. Namun, Rudiantara mengaku memiliki sejumlah saran untuk pembangunan NTB ke depan, terutama pengembangan sektor pariwisatanya.

Pulau Lombok sebagai destinasi utama di NTB yang telah terkenal sebagai Pulau Seribu Masjid diakuinya perlu dikembangkan lebih lanjut. Identitas Pulau Seribu Masjid tersebut menurutnya harus lebih dijabarkan secara spesifik.

“Bagaimana bisa menarik wisatawan secara spesifik, NTB kan dikenal dengan Lombok khususnya Pulau Seribu Masjid. Tapi hanya Seribu Masjid? Saya usulkan masjidnya lebih dibuat spesifik begitu, Pak Gubernur juga bilang nanti 2018 kita siapkan,” ujarnya ditemui Minggu, 17 Desember 2017.

Lebih spesifik yang dimaksud Rudiantara adalah Lombok harus mulai fokus pada wisata masjid. Sehingga wisatawan datang

ke Lombok juga khusus untuk berwisata masjid. Untuk itu, perlu disiapkan agar masjid-masjid yang dibangun di Lombok pun dibuat dengan desain khusus. Misalnya menghadirkan masjid dengan arsitektur Turki, negara Timur Tengah dan lain sebagainya. Bahkan, Rudiantara mengatakan Pemerintah Provinsi NTB bisa bekerja sama dengan negara-negara bersangkutan dalam pembangunannya.

“Sehingga akan ada legenda kan, orang datang bukan hanya karena bangunan fisik. Tapi ada legenda ada cerita dibalik bangunan itu. Jadi wisatawan muslim mau datang ke Lombok karena di Lombok itu ada masjid semua negara di dunia,” terangnya.

Selain itu, menurutnya saat ini pembangunan masjid di Lombok hanya asal membangun, tanpa mempertimbangkan segi arsitekturnya.”Ini barangkali agar bisa fokus, jadi wisatawan ke Lombok pun untuk wisata masjid sudah tahu masjidnya seperti apa. Pokoknya produk wisata dari Lombok harus spesifik,” imbuhnya lagi. (ros)