Menikmati Keindahan Pantai Sire di Lombok Utara

Mataram (Suara NTB) – Kabupaten Lombok Utara menyimpan banyak keindahan alam. Salah satunya Pantai Sire yang semakin banyak dikunjungi wisatawan belakangan ini. Tidak saja Gili Trawangan, berbagai pantai di Kabupaten Lombok Utara juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Pantai berpasir putih ini menjadi salah satu pilihan bagi wisatawan yang ingin menghabiskan akhir pekan.

Pantai Sire merupakan salah satu dari 14 tempat wisata di Lombok Utara yang sangat populer dan sering dijadikan destinasi wisata favorit para wisatawan. Pantai Sire ini berpasir putih bersih dan di pinggir pantainya dipenuhi dengan barisan pepohonan.

Destinasi ini berada di Desa Sigar Penjalin, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara, tepatnya 35 km dari Kota Mataram. Kebersihan dan kelestarian pantai ini masih sangat terjaga. Tanpa menyelam pun wisatawan sudah bisa menyaksikan ikan-ikan yang kadang muncul di permukaan. Tempat ini menawarkan titik – titik selam yang masih sangat lestari.

Baca juga:  Dikeluhkan, Ruas Jalan Kawasan Wisata Senggigi Gelap Gulita

“Pantainya bagus, di pinggir-pinggir banyak juga ikan-ikan kecil. Suasananya juga cukup menyenangkan,” kata wisatawan asal Surabaya Beny Prayogi yang sudah berkunjung ke Pantai Sire.

Dengan menyewa peralatan selam atau membawa sendiri, wisatawan bisa menjelajahi pemandangan laut yang indah. Bagi yang gemar memancing juga bisa memuaskan hobinya dengan menyewa perahu untuk mendapatkan spot-spot yang mengundang strike. Pantai ini juga memiliki hamparan rumput hijau yang lapang dan dipayungi pohon kelapa, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai tempat berlibur keluarga.

Baca juga:  Sensasi Wisata Alternatif Jalur ‘’Offroad’’ Gunung Tambora

“Karena banyak pohon, jadi tempatnya tidak terlalu panas. Cocok kalau bawa teman atau keluarga, bisa gelar tikar,” ujarnya.

Setahun sekali, Pantai Sire digunakan sebagai tempat untuk kegiatan melarung sesaji. Acara ini diisi juga dengan hiburan rakyat berupa kesenian tradisional dan hiburan musik. Pada acara seperti pantai akan dipenuhi oleh masyarakat dan agenda atraksi budaya yang meriah.

Untuk mencapai tempat ini, wisatawan membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari Kota Mataram dengan menggunakan kendaraan. Wisatawan sebaiknya menyewa kendaraan karena angkutan umum yang lewat hingga Pantai Sira sangat jarang. Sedangkan jalan menuju pantai ini sudah sangat bagus, sehingga wisatawan dapat menikmati perjalanannya. (lin)