Izzul Islam dan Sajim Sastrawan Pendaftar Pertama di Golkar

Giri Menang (Suara NTB) – Partai Golkar Lombok Barat (Lobar) resmi membuka pendaftaran Jumat, 7 Juli 2017 lalu. Partai beringin ini memberlakukan kebijakan penjaringan cabup dan cawabup berbeda dengan parpol lain, karena pihak panitia penjaringan partai tak memungut biaya pendaftaran bagi kandidat yang mendaftar.

Pada pendaftaran hari pertama dan kedua setelah dibuka, figur H. Izzul Islam dan H. L. Sajim Sastrawan sebagai pendaftar pertama. Hal ini sekaligus komitmen dari Izzul Islam menjawab keraguan publik terkait dirinya maju pada pilkada kali ini.

“H. Izzul Islam mendaftar pertama hari Jumat lalu, Miq Sajim hari Sabtu,” jelas Ketua Tim penjaringan H. L. Hermayadi, Sabtu, 8 Juli 2017.

Dijelaskan, pembukaan pendaftaran ini setelah rapat dengan DPD Kabupaten dan DPD I. Pendaftaran di Golkar jelasnya lebih disederhanakan persyaratannya, bahkan tanpa syarat. Kandidat cukup menandatangani pernyataan kesiapan sebagai bakal calon, tanpa menyerahkan ijazah dan uang pendaftaran.

Pembebasan uang pendaftaran ini, jelasnya, supaya prosesnya lebih objektif dan tidak tersandera merasa tidak enak mencoret figur gara-gara menyerahkan dana pendaftaran. Berbagai persyaratan ini jelasnya bakal dilengkapi kandidat jika sudah mengerucut.

Pada pendaftaran ini, figur hanya menyerahkan CV dan surat pernyataan. H. Izzul Islam belum menyerahkan sepenuhnya persyaratan tersebut, artinya H. Izzul Islam belum resmi mendaftar, karena sebatas ambil formulir saja.

Setelah H. Izzul Islam mendaftar pertama, Sabtu kemarin giliran H. L. Sajim Sastrawan yang mendaftarkan diri. Tokoh Gerung ini diantar oleh para pendukung yang berasal dari lintas agama. Berbeda dengan H. Izzul Islam, kedatangan mantan Wabup Lobar ini diterima oleh HL Hermayadi. Sedangkan Sajim diterima langsung oleh Ketua DPD Partai Golkar Lobar Hj. Sumiatun.

 H. L. Sajim Sastrawan saat daftar di Golkar dan diterima Ketua DPD Partai Golkar Lobar Hj. Sumiatun. 

Setelah kedua kandidat ini, sejumlah kandidat lain telah mengontak panitia untuk segera mendaftar, seperti Nauvar F. Farinduan dan Umar Said rencananya daftar hari Senin. Sedangkan petahana H Fauzan Khalid mendaftar Rabu.

‘’Lalu ada juga L. Jaya Asbani, Mawardi dan TGH Muammar Arafat. “Rencananya masa pendaftaran selesai 12 Juli,” ujarnya.

Menurut H Izzul Islam bahwa dirinya serius maju pada pilkada Lobar, karena ia sendiri mengklaim telah mendapatkan restu dan dukungan dari TGH. Munajib Kholid. Izzul sempat diisukan maju pada pilkada KLU namun dirinya tidak maju.

Pada pilkada Lobar yang lalu, ia mendukung TGH Munajib. Ia mengaku segan dengan TGH. Munajib, sehingga ia berpikir untuk tidak maju pada pilkada lalu. Namun saat ini justru TGH Munajib yang menyuruhnya maju. (her)