Sepeda Santai Meriahkan FPT 2017

Dompu (Suara NTB) – Pagelaran sepeda santai yang diadakan Kesatuan Pemuda Nasional Indonesia (KNPI) Kabupaten Dompu, ikut memeriahkan event Festival Pesona Tambora (FPT) 2017 ini. Ratusan masyarakat tampak antusias mengikuti kegiatan yang difokuskan di padang Savana Doro Ncanga, Minggu, 9 April 2017.

Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin yang hadir sekaligus melepas peserta di garis start mengatakan, tidak menyangka jumlah peserta sedemikian banyak, mulai anak-anak sampai orang tua. “Saya sangat bahagia pagi ini peserta banyak sekali, sangat luar biasa,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut diadakan untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa padang Savana Doro Ncanga selain dimanfaatkan pengguna kendaraan roda dua seperti kelompok trabas, juga sangat memungkinkan bagi mereka yang ingin meluangkan hobinya bersepeda.

Hamparan savana dan lautnya yang eksotis akan memberi sensasi berbeda bagi siapun yang berkunjung ke tempat ini.

Baca juga:  Presiden UGG Nilai Tambora Layak Diusulkan Jadi Geopark Dunia

“Jadi semua alat transportasi bisa digunakan di sini, tetapi harus disesuaikan dengan kondisi alam sekitar Tambora,” ujarnya.

Sementara Wakil Ketua Panitia sepeda santai, Zainal Afrodi menyebutkan jumlah peserta yang hadir pada kegiatan ini melampaui target yang ditetapkan pihaknya. 200 lebih kartu peserta sekaligus sebagai kupon undian yang disediakan tidak cukup mendata semua peserta yang hadir. Diperkirakan ada sekitar 500 lebih orang yang mengikuti agenda ini.

Bahkan masyarakat Kabupaten Bima pun turut berpartisipasi dalam kegiatan yang telah menjadi event tahunan tersebut. “Kami prediksikan maksimal 250 orang peserta, tapi faktanya membeludak. Partisipasi masyarakat ini cukup luar biasa,” katanya.

Sebagai bentuk dukungan atas partisipasi masyarakat pihaknya telah menyediakan 202 doorprize undian. 202 paket dooprize yang disediakan itu berkaitan erat dengan hari jadi Dompu yang ke 202 tahun ini. Sementara untuk hadiah utama lanjut Zainal Afrodi, KNPI didukung sponsor lainnya menyediakan lima unit speda Polygon, kemudian hadiah undian lainya berupa TV, kulkas, kipas angin dan bingkisan-bingkisan.

Baca juga:  Punya Geopark, NTB Targetkan Peningkatan Ekonomi

“Dan biasanya nanti ada spontanitas dari sponsor di lapangan,” jelasnya.

Rute yang ditempuh ratusan peserta sepeda santai jelas dia, yakni mengambil garis star di Savana Doro Ncanga dan finis objek wisata Sarae Nduha. Alasan pihaknya mengambil garis finis Sarae Nduha sendiri karena potensi wisata tempat ini sangat menjanjikan. Savana Doro Ncanga sampai Sarae Nduha pesona wisatanya hampir di semua titik.

“Mudah-mudahan Sarae Nduha ini bisa diangkat menjadi destinasi wisata nasional dan kami yakin ini sangat layak,” pungkasnya. (jun/*)