Melepas Peserta Tour de Lombok Mandalika, Ini Harapan TGB

Mataram (suarantb.com) – Etape pertama balap sepeda internasional Tour de Lombok Mandalika digelar hari ini, Kamis, 13 April 2017. Melewati rute pertama, dengan start di depan Pendopo Kantor Gubernur NTB dan finis di Pantai Kuta Mandalika.

Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi turun langsung melepas 93 pembalap asal 19 negara dalam etape pertama Tour de Lombok Mandalika ini. Meski pertama kali dilaksanakan, TGB mengaku memiliki harapan besar pada lomba balap sepeda tingkat dunia ini.

“Jadi ini suatu bentuk rintisan kita tahun ini dan kita harapkan bisa terus tiap tahun. Sehingga Lombok menjadi destinasi untuk sport tourism, jadi pariwisata yang berbasis olahraga. Dan saya pikir Lombok dan Sumbawa sangat potensial untuk itu,” ungkapnya, Kamis pagi, 13 April 2017.

Meski dilaksanakan pertama kali, ajang balap sepeda internasional di Lombok ini telah masuk dalam kalender resmi Union Cycliste Internationale (UCI) dengan kategori 2.2.

“Jadi saya ketemu dengan teman dari Filipina yang sudah beberapa kali ada lomba ini di sana, tapi kategorinya itu masih 2.1. Jadi yang di Lombok ini meskipun baru pertama kali diselenggarakan kategorinya lebih tinggi daripada yang sudah diselenggarakan sebelumnya,” kata TGB.

Selain mengeksplorasi potensi pariwisata olahraga di Pulau Lombok, digelarnya lomba balap sepeda tingkat dunia ini menurut TGB bisa menjadi variasi. “Tidak cukup dengan sekadar keindahan alam tapi juga kita eksplorasi semuanya. Jadi NTB memang harus memperkaya, menciptakan variasi-variasi pariwisata sehingga bisa terus tumbuh membentuk pariwisata,” jelasnya. “Nanti kan akhir April juga ada Mekaki Lombok Marathon, kemarin juga Sumbawa Ultra, kemudian sebentar lagi Rinjani Ultra,” tambah TGB.

Tahap pertama Tour de Lombok Mandalika mulai dilaksanakan hari ini. Dari 19 tim yang telah melakukan daftar ulang, hanya 17 tim yang turun di etape pertama ini. (ros)