Kurtubi Siap Ditunjuk Sebagai Menteri ESDM

Mataram (suarantb.com) – Politisi Nasdem asal NTB yang yang juga anggota Komisi  VII DPR RI, Dr. H. Kurtubi kembali diisukan akan menjabat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Sebagai politikus yang memiliki latar pendidikan dan pengalaman di bidang itu,  nama Kurtubi memang kerab disebut setiap ada pergantian anggota kabinet. Bukan saja pada masa pemerintahan Jokowi-JK.

Tetapi jauh  sebelumnya, pada masa pemerintahan Presiden Gusdur pun namanya pernah disebut akan menjabat sebagai menteri. Isu itu kembali santer terdengar menyusul keputusan Presiden yang memberhentikan secara hormat Menteri ESDM Arcandra Tahar karena persoalan kewarganegaraan.

Dikonfirmasi suarantb.com, Kamis 18 Agustus 2016, politisi asal Kediri Lombok Barat ini menyatakan, dirinya sudah sangat siap jika sewaktu-waktu Presiden menunjuknya sebagai Menteri ESDM yang baru.

“Saya saat ini sebagai anggota dewan, ingin menjalankan amanah rakyat NTB dengan sebaik-baiknya. Tapi kalau ditunjuk presiden, saya siap,” ujarnya.

Kurtubi menyatakan pandangannya mengenai kondisi tata kelola beberapa sektor di bawah Kementerian ESDM seperti migas, minerba dan listrik yang banyak merugikan negara. Kurtubi menilai, kondisi tata kelola beberapa sektor di bawah  Kementerian ESDM itu harus segera menjadi perhatian siapapun menteri yang nantinya ditunjuk Jokowi sebagai pembantunya.

Ia pun mengutarakan hasratnya melakukan hal serupa seandainya amanat tersebut dibebankan padanya. “Saya siap, untuk meluruskan tata kelola Migas, Minerba, Listrik yang saat ini sangat ore gade. Melanggar konstitusi dan merugikan Negara,” terangnya.

Sebagaimana diketahui posisi Menteri ESDM saat ini tengah lowong menyusul diberhentikannya  Arcandra Tahar oleh Presiden Jokowi beberapa hari yang lalu. Archandra sendiri diberhentikan secara hormat  oleh Presiden terkait dwi kewarganegaraan. Sementara ini, posisi menteri ESDM dijabat sementara oleh  Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan sampai ada menteri ESDM definitif. (ast)