Hasil Survei Internal, Pasangan MUDA Ungguli Paslon Lainnya

0
Bakal Paslon Makmur – Ahda dan pendukungnya. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pasangan bakal calon Walikota/ Wakil Walikota Mataram, H. L. Makmur Said-Badruttamam Ahda (MUDA) merilis hasil survei internalnya pada Rabu, 26 Agustus 2020. Hasilnya pasangan MUDA mengungguli kandidat pasangan bakal calon lainnya.

Adapun hasil survei internal tersebut memperlihatkan posisi pasangan Makmur-Ahda masih memimpin dengan angka 31,13 persen. Kemudian di posisi kedua ditempati pasangan Mohan-Mujib dengan angka 29,24 persen. Di posisi ketiga bertengger pasangan Selly-Manan dengan 21,73 persen, dan posisi terakhir pasangan Baihaqi-Diyah 9,46 persen, serta yang belum ada pilihan 8,45 persen.

IKLAN

“Alhamdullilah dari hasil survei yang kami lakukan di internal, kami mendapat angka yang cukup baik, kami di posisi teratas. Hal ini tentu menjadi motivasi kami, tim dan relawan untuk terus berjuang menggalang dukungan masyarakat yang lebih besar lagi,” ucap Makmur Said kepada Suara NTB, Rabu, 26 Agustus 2020.

Ditegaskan Makmur, pada dasarnya survei tersebut tidak ditujukan untuk kalangan internal saja sebagai bahan evaluasi. Sehingga pihaknya bisa mengetahui letak kekurangan dan kelemahannya dalam bergerak menggalang dukungan selama ini.

“Jadi survei ini bukan bermaksud untuk merendahkan calon lainnya, ini jadi bahan kita di internal saja. Sudah sampai sejauh mana capaian kita dan strategi apa yang harus kita pakai ke depannya, dengan survei ini kita jadi tahu posisi kita, sehingga ke depannya strateginya bisa lebih efektif,” kata Makmur.

Disebut Makmur, ada beberapa indikator yang diukur dalam survei tersebut. Pertama terkait dengan program kerja, visi dan misi serta kekuatan figur pasangan calon. Dengan demikian pihaknya bisa mengetahui indikator mana saja tempat pasangan MUDA lemah dan cukup kuat. Hal tersebut kemudian yang akan dievaluasi.

Melihat hasilnya survei tersebut, pihaknya masih belum cukup aman, pasalnya perbedaan selisihnya dengan paslon lainnya masih sangat tipis dan waktu masih cukup panjang. Oleh karena itu pihaknya akan berjuang dan bergerak lebih masif lagi untuk meningkatkan dukungan masyarakat sehingga bisa mencapai titik aman kemenangan.

“Karena itulah kenapa kami sampaikan hasil survei ini ke publik, supaya masyarakat tahu bahwa kita punya peluang untuk menang. Sehingga tim pemenangan dan simpatisan lebih semangat lagi bergerak,” katanya.

Sementara itu, koordinator survei media center MUDA, Jumawal, S.Pd, menjelaskan bahwa survei tersebut dilakukan pada tanggal 10-17 Agustus dengan jumlah responden sebanyak 1.525  yang tersebar di 325 lingkungan. Dimana tiap lingkungan diambil 5 orang sampel.

“Kami menggunakan metodelogi Cluster Random sampling, yang mewakili semua profesi. Kami bisa pertanggungjawaban hasil survei ini secara ilmiah. Hasil survei ini jadi bahan masukan bagi pasangan MUDA dalam menetapkan langkah-langkah dan strategi pemenangan,” ujar Jumawal. (ndi)