Hasil Seleksi CPNS Diumumkan 30 Oktober, Panselnas Buka Kesempatan Pelamar Tak Lulus Ajukan Sanggahan

Muhammad Nasir (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) menjadwalkan rekonsiliasi hasil integrasi nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS pada 19 – 23 Oktober 2020. Setelah itu, Panselnas rencananya akan mengumumkan hasil seleksi CPNS 2019, pada 30 Oktober mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB, Drs. Muhammad Nasir yang dikonfirmasi Suara NTB, Minggu, 18 Oktober 2020 menjelaskan setelah pengumuman hasil seleksi CPNS 2019, pada 30 Oktober mendatang. Panselnas akan membuka masa sanggah bagi pelamar yang tidak puas atau mereka yang dinyatakan tidak lulus selama tujuh hari.

Iklan

‘’Pada 30 Oktober pengumumannya (hasil seleksi CPNS 2019). Setelah pengumuman, ada masa sanggah selama tujuh hari.  Pelamar diberikan ruang menyampaikan sanggahan selama tujuh hari. Bagi yang tidak puas, diberikan ruang menyanggah,’’ katanya.

Nasir mengatakan, sanggahan para pelamar yang tidak puas nantinya akan disampaikan BKD ke Panselnas. Setelah tujuh hari masa sanggah, akan dilanjutkan dengan pemberkasan CPNS yang dinyatakan lulus.

‘’Nanti juga saat pemberkasan, online semua. (Pelamar yang lulus) ndak ketemu dengan kami. Dia langsung ke pusat lewat online. Cuma kita memantau,’’ terangnya.

Berdasarkan hasil rapat dengan Panselnas, kata Nasir, rencananya mulai awal Desember sudah keluar SK pengangkatan CPNS hasil seleksi formasi 2019. Mengenai kapan mereka akan menerima gaji. Akan terhitung sejak mulai melaksanakan tugas.

‘’Kapan mulai kerjanya? SK terbit dulu baru kita bagi. CPNS yang lulus ada masa prajabatan paling lama 2 tahun. Dia terima gajinya hanya 80 persen dari gaji pokok,’’ jelasnya.

Jumlah formasi CPNS Pemprov NTB Tahun 2019 sebanyak 414. Sementara, jumlah pelamar sebanyak 8.541 orang. Dari jumlah pelamar sebanyak itu, 7.706 pelamar yang memenuhi syarat administrasi. Sedangkan 825 pelamar tidak memenuhi syarat administrasi.

Dari hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), sebanyak 3.654 pelamar yang memenuhi passing grade. Sedangkan pelamar yang tidak memenuhi passing grade sebanyak 3.450 orang. Sementara, peserta SKD yang tidak hadir sebanyak 602 orang.

Dari hasil SKD tersebut, sebanyak 942 pelamar yang berhak ikut Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), yang dilaksanakan 3 – 9 September lalu. Dengan jenis jabatan formasi  guru sebanyak 518 orang, tenaga kesehatan 200 orang dan tenaga teknis 224 orang.

Dari 942 pelamar yang berhak ikut SKB, satu orang mengundurkan diri dan satu meninggal dunia. Sehingga pelamar yang ikut SKB menjadi 940 orang. Sebanyak 818 ikut SKB di NTB dan 124 pelamar ikut SKB di luar daerah.

Dari 818 peserta yang ikut SKB di NTB, sebanyak 797 pelamar yang hadir, sedangkan 21 orang tidak hadir dan langsung dinyatakan gugur.

Berdasarkan data BKD  NTB, sebanyak 60 formasi CPNS 2019 tak ada pelamar dan peserta yang memenuhi passing grade. Dengan rincian, 35 formasi yang tidak ada pelamar dan 25 formasi yang tidak ada pelamar memenuhi passing grade pada tahap tes SKD.(nas)