Hasil PSU Pilkades Samba, Jamaludin Tetap Unggul

Tanjung (Suara NTB) – Pemilihan Suara Ulang (PSU) di TPS 9 Pilkades Samik Bangkol (Samba) Kecamatan Gangga, yang berlangsung Kamis, 30 November 2017  lalu berjalan aman dan lancar. Hasil PSU kembali dimenangkan oleh calon terpilih sebelumnya, atas nama Jamaludin (nomor urut 3). Bahkan dengan kemenangan di PSU kali ini, memperlebar selisih kemenangan Jamaludin yang sebelumnya selisih 4 suara dengan calon nomor urut 1, Zulkarnain, menjadi 95 suara.

Pada PSU di TPS 9 lalu, pemilihan dimulai pada pukul 7.30 wita dan ditutup pada pukul 13.00 wita. Pemilihan dikawal oleh aparat Satpol PP, pejabat terkait di pemerintah Kabupaten hingga Camat, BPD, serta aparat Polres Lombok Utara, dan TNI. Setelah penutupan pengabilan suara, diketahui jumlah kertas suara yang terpakai sebanyak 442 lembar, sisa kertas suara sebanyak 9 lembar, serta sebanyak 11 orang warga memilih menggunakan KTP.

Iklan

Rekapitulasi perhitungan suara ulang TPS 9 menghasilkan perolehan suara masing-masing calon yaitu, Zulkarnain memperoleh 64 suara, Adam Abul Basyar sebanyak 2 suara, Jamaludin memperoleh suara dominan sebanyak 210, H. M. Ropi’i sebanyak 63 suara serta Ratnadi memperoleh 3 suara.

Dengan hasil PSU TPS 9 ini, maka rekapitulasi final atas perolehan suara keseluruhan masing-masing calon tercatat, Zulkarnain memperoleh 1164 suara, Adam AB mengantongi 509 suara, Jamaludin memperoleh 1.259 suara, H. M. Ropi’i memperoleh 555 dan 44 suara diperoleh Ratnadi.

Sebelumnya pada Pilkades serentak 19 Oktober lalu, pasangan Nomor urut 1 dan nomor 3 yakni Zulkarnain dan Jamaludin bersaing ketat dengan hanya selisih 4 suara. Perbedaan jumlah suara yang diperoleh kedua calon saat itu masing-masing sebanyak 1.142 suara untuk Zulkarnain dan 1.146 diperoleh Jamaludin. Perbedaan yang sedikit ini diikuti pula oleh polemik tidak sinkronnya total suara sah dengan jumlah surat suara di TPS 9 yang berdampak pada tuntutan PSU oleh 3 calon, yaitu Zulkarnain, Adam Abdul dan H. Ropi’i.

Ketua Panitia Pilkades Sambik Bangkol, Abdullah, mengakui jalannya PSU di TPS 9 tidak menemui hambatan dengan hasil PSU yang telah diketahui dimenangkan oleh Jamaludin. Dengan demikian, seluruh proses Pilkades di Desa Samba telah dilaksanakan.

“Setelah PSU dan perhitungan suara, maka kita akan langsung menggelar pleno penetapan kades terpilih dan hasilnya akan diserahkan ke BPD untuk ditetatpkan,” ujar Abdullah. (ari)