Harus Lima Kali Lebih Siap

Happy Harinto. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Pihak Dorna Sport mengaku sangat puas dengan gelaran World Superbike (WSBK) 19-21 November 2021. Hampir semua perangkat pendukung balapan berjalan sesuai harapan. Mulai dari sirkuit hingga marshal. Bahkan, dalam kondisi cuaca buruk pun, sirkuit internasional Mandalika masih bisa menggelar balapan.

“Jadi hujan lebat yang mengguyur area sirkuit selama dua hari balapan justru jadi berkah tersendiri bagi kita selaku penyelenggara. Kita jadi tahu bahwa sirkuit Mandalika sudah benar-benar siap menggelar balapan. Kendati dalam kondisi cuaca buruk sekalipun,” ujar Direktur Strategis dan Komunikasi Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA) Happy Harinto.

Iklan

Meski demikian, Dorna Sport tetap memberikan catatan yang perlu diperbaiki untuk persiapan gelaran MotoGP bulan Maret 2022 mendatang. Selain terkait kesiapan sarana prasarana sirkuit serta fasilitas pendukung di sekitar sirkuit.

Salah satunya soal jalan di depan sirkuit, itu menjadi perhatian dari pihak Dorna. Sehingga perbaikan ruas jalan di depan sirkuit internasional Mandalika tersebut mendesak untuk dilakukan. Sebagai salah satu persiapan penyelenggaraan event MotoGP tahun depan. Untuk bisa menggelar event balapan bergengsi sekelas MotoGP persiapannya tidak main-main. Mulai dari sisi kesiapan sirkuit hingga fasilitas penunjang harus benar-benar siap.

Dan, pengalaman menggelar event WSBK yang baru lalu tentu menjadi poin penting bagi persiapan menggelar event MotoGP tahun depan. “Ibaratnya, kalau kita mau menggelar event MotoGP, persiapannya harus lima kali lebih siap dari pelaksanaan WSBK yang baru lalu,” terangnya.

Apa yang menjadi catatan-catatan yang diberikan oleh pihak Dorna itu harusnya menjadi perhatian untuk dijawab segera. Termasuk soal peningkatan kualitas jalan didepan sirkuit internasional Mandalika. Dalam hal ini kewenangannya tentu ada di tangan pemerintah.

“Perbaikan dan peningkatan kualitas jalan di depan sirkuit dipandang penting oleh pihak Dorna untuk bisa menunjang arus lalu lintas. Supaya tidak terhambat lagi seperti pada saat event WSBK kemarin,” jelas Direktur Strategis dan Komunikasi Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA) ini.

Kalau dari aspek sirkuit, secara umum Dorna menilai sudah sangat siap. Tinggal beberapa pembenahan saja, berupa pekerjaan skala minor saja. Misalnya, penurunan elevasi tanah di sekitar lintasan balap termasuk perbaikan jaringan drainase. Supaya bisa benar-benar maksimal ketika terjadi kondisi cuaca buruk seperti pada gelaran WSBK yang baru lalu.

Kalau pekerjaan yang besar dan berat sudah diselesaikan. Termasuk soal perangkat kesehatan dan marshal, Dorna memberikan apresiasi. Bahwa ternyata tenaga kesehatan dan tenaga marshall lokal, bisa diandalkan.

Dengan waktu yang tersedia, pihaknya pun optimis bisa menuntaskan semua catatan yang diberikan oleh pihak Dorna terkait sirkuit. “Kita punya waktu persoapan sebelum ajang MotoGP digelar kurang dari tiga bulan. Dan, kita optimis semua persiapan yang dibutuhkan bisa tuntas,” tandas Happy seraya menambahkan, saat ini pekerja masih terus berkerja di sirkuit Mandalika untuk menyelesaikan sisa pekerjan yang belum tuntas. (kir)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional