Hari Pertama KBM Tatap Muka, SMKN 1 Kotaraja Atur Jarak Duduk

Nampak tempat duduk siswa SMKN 1 Kotaraja dibuat zig zag di hari pertama masuk sekolah, Senin, 4 Januari 2021. (Suara NTB/ist)

Selong (Suara NTB) – SMKN 1 Kotaraja Lombok Timur (Lotim) salah satu sekolah yang diberikan izin Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB untuk membuka kegiatan belajar mengajar secara tata muka.

Di hari pertama pelaksanaan percobaan kegiatan belajar mengajar tatap muka, di SMKN 1 Kotaraja berjalan lancar sesuai harapan. Pihak sekolah mengatur jarak duduk siswa secara zig-zag di dalam kelas.

Kepala SMKN 1 Kotaraja, Salman, ST., M.Pd., Senin, 4 Januari 2020.

“Di hari pertama masuk sekolah dimulai hari ini (kemarin, red) setelah menerima surat dari Dikbud Provinsi Nusa Tenggara Barat terkait evaluasi instrumen kesiapan sekolah menghadapi tatap muka yang dirilis oleh Dikbud Provinsi NTB,” terangnya.

Dijelaskannya, berdasarkan SKB Empat Menteri pihaknya sudah mempersiapkan segala hal untuk mendukung proses belajar mengajar sesuai dengan protokol kesehatan. Merujuk hal tersebut, langkah antisipatif dilakukan dengan memenuhi protokol kesehatan.

“Di mulai dengan menyiapkan tempat cuci tangan, penyediaan hand sanitizer memberikan jarak zig zag di dalam kelas untuk bangku dan meja para siswa dan tetap meminta kepada semua sivitas akademika SMKN 1 Kotaraja selalu menggunakan masker,” terangnya.

Sebelumnya sekolah ini tidak siap untuk membuka kegiatan belajar mengajar secara tatap muka. Namun setelah mengisi instrumen yang diberikan oleh Dinas Dikbud NTB dan menyiapkan bukti fisiknya, akhirnya dinyatakan memenuhi syarat membuka kelas belajar secara tatap muka.

“Sekolah kami yang tadinya tidak siap setelah dilaksanakan rekapan instrumen online melalui Dapodik dan kami sikapi untuk mengirim ulang melalui Plt Kasi Kurikulum SMK Dinas Dikbud Provinsi NTB kemudian dirilis sekolah kami siap melakukan tatap muka sesuai dengan SKB 4 Menteri,” tuturnya. (dys)