Hari Ini Vaksinasi Perdana, 11.080 Dosis Vaksin Didistribusikan ke Mataram dan Lobar

Vaksin didistribusikan ke Kota Mataram dan Lombok Barat, kemarin. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – NTB siap melaksanakan vaksinasi perdana Covid-19, Kamis, 14 Januari 2021. Vaksinasi perdana bagi kepala daerah dan sejumlah tokoh masyarakat akan dilakukan di Pemprov NTB, Kota Mataram dan Lombok Barat.

Dinas Kesehatan (Dikes) NTB, telah mendistribusikan 11.080 dosis vaksin Sinovac ke Kota Mataram dan Lombok Barat, Rabu, 13 Januari 2021. Untuk Kota Mataram sebanyak 7.000 dosis, sedangkan Lombok Barat 4.080 dosis vaksin Sinovac.

Kepala Dikes NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A., mengatakan vaksinasi perdana untuk pejabat dan tokoh NTB akan dilaksanakan di Gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur, Kamis, 14 Januari 2021 sekitar pukul 10.00 Wita. ‘’Kita siapkan vaksinator, dokter  dari rumah sakit provinsi, RSAD, dan RS Bhayangkara sebanyak 4 orang,’’ sebut Eka dikonfirmasi Rabu, 13 Januari 2021.

Lokasi vaksinasi perdana Covid-19 untuk Gubernur dan Wakil Gubernur NTB serta belasan tokoh di Gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur, Kamis, 14 Januari 2021. (Suara NTB/nas)

Eka termasuk salah satu dari 18 pejabat provinsi dan tokoh yang akan divaksinasi perdana. Ia mengaku sudah dilakukan skrining oleh petugas kesehatan. ‘’Besok siapa yang datang, langsung proses, skrining, langsung suntik dan duduk 30 menit setelah disuntik,’’ terangnya.

Setelah vaksinasi perdana kepala daerah, pejabat dan tokoh masyarakat. Selanjutnya, vaksinasi akan dilakukan untuk tenaga kesehatan di Kota Mataram dan Lombok Barat.

Eka menyebutkan, vaksin yang sudah dikirim ke Kota Mataram sebanyak 7.000 dosis untuk satu kali penyuntikan. Pihaknya mengirim 7.000 dosis vaksin karena kapasitas penyimpanan di Kota Mataram yang hanya mampu menampung vaksin sebanyak itu.

‘’Kalau lebih dari 7.000 dosis, ndak ada tempat nyimpan di sana. Makanya lebih aman dia di sini. Karena harus dipertahankan suhunya antara 2 – 7 derajat celcius,’’ jelasnya.

Sedangkan untuk Lombok Barat dikirim vaksin sebanyak 4.080 dosis untuk dua kali penyuntikan. Artinya, semua vaksin tersebut untuk semua tenaga kesehatan di Lombok Barat. ‘’Januari ini kita fokus vaksinasi di Kota Mataram dan Lombok Barat,’’ ujarnya.

Pada  2 Februari mendatang, kata Eka, akan datang lagi vaksin sebanyak 23.600 dosis. Sesudah vaksin datang, akan dilakukan kick off atau vaksinasi di delapan kabupaten/kota lainnya di NTB.

‘’Jadi, Februari, semua Nakes sudah selesai. Maret-April kita masuk (vaksinasi) ke TNI/Polri dan petugas pelayanan publik yang lain,’’ katanya.

Kemudian, akhir April dijadwalkan datang lagi vaksin Covac untuk masyarakat usia di atas 60 tahun atau lansia. ‘’Setelah datang itu, baru kita jadwalkan untuk vaksinasi lansia,’’ tambahnya.

Ia menyebut jumlah lansia di NTB hampir mencapai 500 ribu orang. Sebelum dilakukan vaksinasi, nantinya akan dilakukan skrining terlebih dahulu. Untuk memastikan lansia yang boleh divaksin atau tidak.

Ia menyebutkan, sebanyak 400 vaksinator telah diberikan pelatihan. Mereka inilah yang akan melakukan vaksinasi di NTB. Satu vaksinator, kata Eka, akan menyuntik sebanyak 40 orang per hari. (nas)