Hari Ini, Gubernur Lantik Tiga Pjs Bupati

Lalu Abdul Wahid (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pelantikan tiga Penjabat Sementara (Pjs) Bupati, yaitu Pjs Bupati Sumbawa Barat, Pjs Bupati Sumbawa dan Pjs Bupati Bima telah dipersiapkan Pemprov NTB, Sabtu (26/9) Pukul 10.00 Wita. Sementara, SK pengangkatan tiga Pjs sedang dijemput Kepala Biro Pemerintahan Setda NTB, H. Lalu Abdul Wahid, S.H., M.H., ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pelantikan sudah siap jam 10.00 Wita, insya Allah. SK-nya turun di last minute. Sekarang belum (turun), seluruh Indonesia. Sekarang saya di Kemendagri, ujar Kepala Biro Pemerintahan Setda NTB, H. Lalu Abdul Wahid, S.H., M.H., dikonfirmasi Suara NTB, Jumat, 25 September 2020.

Iklan

Wahid mengatakan, dirinya sedang berada di Kantor Kemendagri di Jakarta untuk menjemput langsung SK pengangkatan tiga Pjs Bupati yang akan dilantik Gubernur NTB pada Sabtu, 26 September 2020. Tanggal 26 September 2020, jabatan kepala daerah yang kosong harus diisi, jelasnya.

Dalam pelantikan Pjs Bupati hari ini, kata Wahid, pelaksanaannya disederhanakan. Sesuai radiogram Kemendagri, pelaksanaan disederhanakan sangat ketat protokol Covid-19. Pjs sama Sekretariat Daerah yang diundang, pungkasnya.

Sebanyak tiga orang pejabat eselon II Pemprov NTB akan dilantik menjadi Pjs Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Sumbawa dan Bima. Gubernur sudah mengajukan sembilan nama pejabat eselon II Pemprov NTB ke Mendagri untuk menjadi calon Pjs Bupati KSB, Sumbawa dan Bima. Masing-masing daerah diusulkan tiga nama pejabat, yang kemudian dipilih salah satu menjadi Pjs Bupati.

Penunjukan Pjs Bupati KSB, Pjs Bupati Sumbawa dan Pjs Bupati Bima karena kepala daerahnya, baik Bupati dan Wakil Bupati maju dalam kontestasi Pilkada serentak 2020. Sesuai ketentuan, bagi calon petahanan yang ikut Pilkada harus mengajukan cuti di luar tanggungan negara selama masa kampanye.

Masa kampanye Pilkada serentak akan dilaksanakan mulai 26 September hingga 5 Desember mendatang. Sehingga, untuk mencegah kekosongan jabatan kepala daerah di KSB, Sumbawa dan Bima, maka ditunjuk Pjs Bupati.

Wahid enggan menyebutkan pejabat yang diusulkan gubernur menjadi calon Pjs Bupati di tiga daerah tersebut. Termasuk tiga nama pejabat Pemprov yang ditunjuk sesuai SK Mendagri menjadi Pjs. (nas)