Hari Ini, Gubernur Lantik Enam Bupati/Walikota Terpilih

Gladi bersih pelantikan enam pasangan kepala daerah yang terpilih dalam Pilkada 2020, bertempat di Gedung Graha Bhakti Praja Kompleks Kantor Gubernur, Kamis, 25 Februari 2021. (Suara NTB/ist).

Mataram (Suara NTB) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., akan melantik enam pasangan kepala daerah yang terpilih dalam Pilkada 2020, bertempat di Gedung Graha Bhakti Praja Kompleks Kantor Gubernur, Jumat (26/2) hari ini. Pelantikan hanya dihadiri Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota didampingi istri serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) NTB.

“Pelantikan enam pasangan kepala daerah sudah siap besok (hari ini, red). Enam pasangan kepala daerah yang dilantik,” kata Asisten I Setda NTB, Dra. Hj. Baiq Eva Nurcahyaningsih, M. Si., dikonfirmasi Suara NTB, Kamis, 25 Februari 2021.

Iklan

Dari tujuh daerah yang melaksanakan Pilkada serentak 2020, hanya Kabupaten Sumbawa yang belum dilakukan pelantikan kepala daerah terpilih. Karena sengketa hasil Pilkada Sumbawa masih berproses di Mahkamah Konstitusi (MK).

Sedangkan, enam pasangan kepala daerah akan dilantik Gubernur, Jumat, 26 Februari 2021. Yaitu, Walikota/Wakil Walikota Mataram, Bupati/Wakil Bupati Lombok Utara, Bupati/Wakil Bupati Lombok Tengah, Bupati/Wakil Bupati Sumbawa Barat, Bupati/Wakil Bupati Dompu dan Bupati/Wakil Bupati Bima.

Untuk Kabupaten Sumbawa, kata Eva, masih dijabat oleh Pelaksana Harian (Plh) Bupati, yaitu Sekda setempat. Jika lebih dari sebulan, maka Sumbawa akan diisi oleh Penjabat Bupati.

“Kalau kurang dari satu bulan, terus selesai sengketa di MK, maka tetap Plh . Tapi kalau lebih dari satu bulan, tentunya akan turun Penjabat,” jelasnya.

Kepada enam pasangan kepala daerah yang akan dilantik, kata Eva, Pemprov NTB meminta agar mereka mengimbau para pendukung supaya tetap berada di daerah mengikuti pelantikan secara virtual. Para pendukung kepala daerah diminta menjauhi kerumunan untuk mencegah terjadinya klaster pelantikan.

“Khawatirnya terjadi penularan Covid-19. Kita harapkan enam pasangan Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota yang dilantik besok, kepada konstituen agar tetap di tempat masing-masing. Karena kita sudah kirimkan link virtual pelantikan besok,” tuturnya.

Selain itu, para pendukung kepala daerah juga diminta tidak bereuforia berlebihan dengan melakukan konvoi atau pengerahan massa. “Karena kita masih di masa pandemi,” tandasnya. (nas)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional