Hari Ini, Atlet Peparnas NTB Berangkat ke Papua

Gubernur NTB, H.Zulkieflimansyah foto bersama dengan kontingen Peparnas NTB yang akan mengikuti Peparnas  XVI di Papua, 2-15 November 2021. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Hari ini atlet penyandang disabilitas akan berangkat mewakili NTB di Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI di Papua, 2-15 November 2021. Keberangkatan atlet berkebutuhan khusus ini dilepas oleh Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, di Kantor Gubernur NTB, Senin, 1 November 2021.

Kadispora NTB, H. Surya Bahari yang dikonfirmasi Suara NTB via ponselnya, Senin, 1 November 2021 kemarin mengatakan keberangkatan kontingen Peparnas NTB  dilepas secara resmi oleh Gubernur NTB, Senin, 1 November 2021. ‘’Keberangkatan kontingen Peparnas NTB dilepas Pak Gubernur tadi pagi. Mereka akan berangkat besok (hari ini-red),’’ ucapnya.

Iklan

Ketua Pengprov Nasional Paralympic  Committee (NPC) NTB, Azis Paradi  mengatakan kontingen NTB akan diperkuat sebanyak 18 atlet. Keberangkatan atlet didampingi  sebanyak 11 orang pelatih dan ofisial untuk mengikuti enam cabang olahraga.

Enam cabang olahraga yang akan diikuti atlet-atlet terbaik NTB ini adalah atletik, catur, renang, bulutangkis bocia dan tenis meja. Ke-enam  cabang olahraga ini akan dipertandingkan di dua cluster yakni Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Untuk diketahui, Azis tidak membebankan atlet dengan target medali emas. Meski demikian pihaknya telah memanggil sebanyak 18 atlet mengikuti pemusatan latihan terpusat di Mataram. Para atlet yang memiliki kemampuan spesial itu telah menjalani Pelatda Sentralisasi  sejak 26 Oktober sampai keberangkatan mengikuti Peparnas.

“Dalam rangka mengikuti Peparnas di Papua, kita sudah melaksanakan Pelatda terpusat di Mataram selama enam hari. Para atlet menginap di Hotel Mataram Square,” ucapnya.

Pelatda terpusat di Mataram itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan menjalin kekompakan tim dalam menghadapi ajang multi event olahraga nasional bagi penyandang disabilitas.

Pihak NPC NTB tidak berani memasang target berlebihan kepada belasan atlet yang akan ambil bagian di event tersebut. Pasalnya persiapan atlet NTB kurang maksimal. Meski tak memasang target medali emas, namun Azis optimis atlet NTB berpeluang meraih  minimal dua medali emas. Dua medali emas itu  berpeluang diraih dari cabang olahraga atletik dan tenis meja.

Azis optimis atlet NTB dapat membawa medali emas karena memang salah satu atletnya pernah perkuat NTB di PON XX/Papua 2021, Lalu Zakariah. Zakariah merupakan atlet Pelatda PON NTB yang merupakan penyandang tuna grahita. (fan)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional