Hari Dongeng Nasional 2021, Kampung Dongeng Lombok Gelar Pelatihan dan Pertunjukan Dongeng

Mataram (SuaraNTB) – Kampung Dongeng Lombok NTB menggelar pertunjukan dongeng luring untuk anak-anak TK, RA, MI Buah Hati Insani Mataram Kecamatan Selaparang dan TK DWP Dikpora NTB Kecamatan Ampenan Kota Mataram, Sabtu, 27 November 2021.

Pertunjukan tersebut berlangsung setengah hari dari pagi hingga siang. Sedangkan di siang hari hingga sore di isi dengan Pelatihan Mendongeng yang berlangsung di Yayasan Nurul Qur’an Ahmad Madun Presak Meninting Kecamatan Batu Layar Lombok Barat.

Iklan

Kegiatan ini serentak dilaksanakan oleh Kampung Dongeng di tingkat daerah yang berada di seluruh Indonesia dengan tema “Karena Anak Indonesia Berhak Bahagia”.

Dihari Mendongeng Nasional ini wisata imajinasi anak yang harus bahagia dengan kemerdekaan yang terarah sebagai bekal mereka menapaki hidup yang penuh warna dan tantangan. Untuk itu kampong dongeng lombok hadir menyapa, menghibur, bernyanyi, bertepuk, berdendang dan becerita untuk anak-anak kita sebagai sarana komunikasi persuasive yang tidak terkesan menggurui sehingga anak-anak kita tumbuh dan berkembang menjadi mandiri, kreatif, berwawasan luas serta yang paling penting adalah ia tumbuh berkembang menjadi insan yang mulia bermanfaat untuk semua.

Begitu juga pelatihan mendongeng yang dilaksanakan, selaras dengan keinginan anak yang berhak bahagia sehingga kewajiban sebagai guru, kakak, kakek, nenek dan orang tua untuk memberikan rasa aman, nyaman dan bahagia kepada murid, adik,cucu dan anak-anaknya.

Pelatihan ini merupakan bagian dari bekal dalam pola pemenuhan pendidikan, pengayoman, penjagaan dan pemberian kenyamanan terhadap anak.

“Kami sangat senang dan bangga dapat dikunjungi dan terpilih sebagai tempat pertunjukan dongeng Luring yang diadakan oleh Kampung Dongeng Lombok dalam rangka memperingati hari dongeng Nasional 2021, semoga kegiatan ini terus berlangsung dan dibudayakan sebagai warisan leluhur kita dalam mendidik generasi penerus bangsa, Bangsa yang besar adalah yang menghargai sejarah”, ucap guru lembaga pendidikan Buah Hati Insani Mataram.

Peserta pelatihan kurang lebih 85 orang yang terdiri dari beberapa unsur seperti Guru PAUD/TK yang tergabung dalam FKG PAUD Kec. Batu Layar, Guru-guru TPQ yang tegabung dalam FKPQ (Forum Komunikasi pendidikan Qur’an) Kec. Batu Layar, Mahasiswa, Orang Tua Wali Santri/Murid PAUD/TPQ Nurul Qur’an Ahmad madun dan Santri PAUD/TPQ Nurul Qur’an Ahmad madun.

Hadir sebagai Narasumber kak Ahmad Fadli, S.Pd yang merupakan Ketua Kampung Dongeng Lombok NTB.

“Kami sangat senang dan bangga bisa mengikuti pelatihan ini, mudah-mudahan pelatihan ini tidak sampai disini saja , bisa berkesinambungan agar kami bisa menjadi penutur yang baik apalagi sekarang kami sebagai guru ngaji dan mahasiswa yang setiap hari berkcimpung dengan dunia anak, dengan salah satu metode cerita hajatan ilmu bisa terserap dengan mudah ketika kami mentranfernya kepada para santri”, ujar peserta pelatihan. (r)

Oleh: Ahmad Fadli

Advertisement