Harganas ke XXIII, NTB Raih Juara I Nasional Pada Lima Kategori Lomba

Mataram ( Suara NTB) – Provinsi NTB berhasil memboyong sejumlah penghargaan pada lomba tingkat nasional dalam memperingati Hari Keluarga Nasional  (Harganas)  XXIII Tahun 2016. Juara I Tingkat Nasional ini masing-masing adalah untuk Kategori Lomba Logo Harganas 2016, Juara I Tingkat Nasional Lomba KB Lestari 10 Tahun, Juara I Tingkat Nasional Lomba Kelompok BKB, Juara I Tingkat Nasional Lomba Pengelola Kelompok BKB dan Juara I Tingkat Nasional Sayembara Blog Kependudukan.

Mengawali kemenangan di tingkat nasional pada tahun ini, terpilih Logo HARGANAS 2016 yang dibuat oleh  Mustain Adnan, putra NTB asal Labuapi Lombok Barat ini adalah lulusan S1 Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Mataram. Adnan menerima hadiah dan penghargaan sebagai juara I Nasional Logo Harganas 2016 langsung dari Ibu Ketua Umum PKK dr. Erni Guntari Tjahjo Kumolo, pada tanggal 29 Juli di kantor BKKBN Pusat (Jakarta) pada acara launching logo HARGANAS dan pelepasan mudik gratis BKKBN.

Iklan

Terpilih sebagai Pasangan KB Lestari Kategori 10 tahun atas nama M. Sofyan SH dan Darmiati, SAP dari Dusun Hijrah Baru, Desa Ujar Mapin Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa. Pasangan yang memiliki dua orang anak ini, terpilih sebagai pemenang terbaik tingkat nasional karena selama 10 tahun sejak melahirkan anak keduanya tidak putus menggunakan alat kontrasepsi IUD yang merupakan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang aman dan tepat. Selain itu Sofyan dan Darmiati dikenal aktif oleh masyarakat sekitarnya dalam membantu dan melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan seperti PKK, dan terkait Program Keluarga Berencana, Sofyan juga merupakan salah satu pengelola Kelompok KB Pria di Kecamatan Alas yang pernah berhasil menjadi Juara I Tk. Nasional pada Lomba kelompok KB Pria Tahun 2014.

FOTO-ADV-BKKBN-2

Penyerahan hadiah juara I KB Lestari oleh Kepala BKKBN Pusat Surya Chandra Surapaty kepada M. Sofyan dan Darmiyati.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok KB Pria antara lain melakukan Inventarisasi anggota, Pertemuan berkala, KIE dan Motivasi, menyalurkan kondom, pendampingan pelayanan vasektomi dan berberapa kegiatan ekonomi produktif. Atas kerja keras dari kelompok KB Pria tersebut,  peserta KB Pria di Kecamatan Alas Barat telah mencapai 130 %. Sebagai pengahargaan kepada pasangan ini, mereka diundang Presiden Joko Widodo ke Istana Negara untuk menghadiri Upacara Peringatan HUT RI ke 71 beberapa hari lalu.

Begitu juga dengan Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) Ar Rahman yang berasal dari Desa Talabiu Kecamatan Woha Kabupaten Bima, diundang menghadiri Upacara Peringatan HUT RI tahun ini ke Istana Negara. Kelompok BKB Ar Rahman terbentuk dari tahun 2005 yang diketuai oleh Hj.Siti Asiah, S. Pd. dan memiliki 18 Kader aktif dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat sekitar. Mereka dapat mengoptimalkan peran keluarga, masyarakat, stakeholder, mitra kerja dalam pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak serta meningkatkan keterampilan dan kesadaran keluarga dalam kemampuan pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak mulai dari 0-6 tahun (Holistik Integratif). Kelebihan lainnya yaitu kelompok BKB ini aktif dalam meningkatkan kesertaan ber-KB didesanya. Peran serta Kelompok BKB ini dalam membantu dalam menjalankan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) layak mendapat apresiasi di tingkat Nasional.

Tidak hanya Kelompok BKB nya saja, Pengelola Bina Keluarga Balita Kabupaten Bima juga berhasil meraih Juara I di Tingkat Nasional. Pengelola BKB ini adalah Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima yang diketuai langsung oleh Ibu Rostiati Dahlan yang sangat konsisten memberikan kontribusi positif dalam pembinaan dan pengembangan keluarga sejak dini melalui Kelompok-kelompok BKB di wilayahnya. Wujud peran serta TP. PKK Kab Bima dalam melakukan konsolidasi dan pembinaan bersama mitra kerja dan SKPD Tingkat Kabupaten Bima dirasakan hingga ke Desa, sehingga diharapkan dapat turut serta merwujudnya Generasi Emas NTB.

Dan yang terakhir, Ridwan Hasyim asal kabupaten Lombok Barat berhasil menyabet juara I Tingkat Nasional Sayembara Blog Kependudukan yang penyerahan hadiahnya langsung diberikan oleh Kepala BKKBN RI Surya Chandra Surapaty pada acara Temu Pengelola dan Pelaksana Terbaik Program KKBPK di Jakarta 16 Agustus lalu.

Tidak hanya juara I Nasional, beberapa mata lomba NTB juga berhasil meraih penghargaan tingkat nasional. Pada lomba Pengelola Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS), PPKS Sakinah dari Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur berhasil meraih juara II di Tingkat Nasional. PPKS Sakinah diketuai oleh Mahallil Ulil Amri S. KEP M. KES MM memiliki layanan-layanan konseling yang sesuai dengan pedoman pembentukan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera. Adapun jumlah masyarakat yang berkunjung ke PPKS ini relatif banyak pada tahun 2015 lalu. Berbagai upaya yang telah dilakukan demi meningkatkan kunjungan ke PPKS, seperti melakukan kerjasama dengan KUA, sekolah-sekolah, pondok pesantren dan Puskesmas terdekat untuk memberikan pelayanan KB Jangka Panjang.

Prestasi-prestasi yang telah diraih tahun ini tentu menambah semangat mulai dari kader, pengelola dan pelaksana Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Semoga lebih banyak pihak yang dapat memberikan perhatian dan sumbangsihnya bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk terwujudnya Keluarga Nusa Tenggara Barat yang Bahagia dan Sejahtera. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here