Harga Kedelai Tinggi di Kota Bima

Rusnah. (Suara NTB/Jun)

Bima (Suara NTB) – Harga kedelai di Kota Bima, masih cukup tinggi. Per kilogram saat ini dijual pedagang kisaran Rp15-Rp18 ribu. Baik untuk komoditas lokal maupun impor. Sementara bahan pokok lain seperti cabai dan bawang merah terbilang stabil, meski dalam suasana Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

Kepala Bidang Industri dan Perdagangan Disperindag Kota Bima, Rusnah, SE., kepada Suara NTB akhir pekan kemarin menyampaikan, berdasarkan hasil pantauan terakhir harga bahan pokok di Pasar Raya Amahami. Komoditas kendali lokal dan impor masih cukup tinggi. “Kalau kedelai yang impor Rp15 ribu/Kg, lokal kisaran Rp16-Rp18 ribu/Kg. Harga penjualan ini memang mengalami kenaikan dari biasanya, yakni Rp13-Rp14 ribu/Kg,” terangnya.

Iklan

Tingginya harga penjualan kedelai, menurut dia akibat minimnya pasokan stok dari daerah pengahasil. Seperti kedelai lokal di Kabupaten Bima dan beberapa daerah di Pulau Lombok, selama beberapa bulan terakhir stok yang dibawa pengepul sangat kurang. Pun demikian halnya untuk kedelai impor.

Tak diketahui pasti penyebab minimnya pasokan stok tersebut, apakah belum memasuki musim panen atau ada unsur penimbunan dari oknum tertentu. Kondisi ini, kata Rusnah, tidak saja dialami Kota Bima melainkan sejumlah daerah di NTB. “Apakah kabupaten belum masuk masa panen, saya kurang tahu. Nanti kami koordinasi dengan Distan,” ujarnya.

Kota Bima, menurutnya tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk mengembangkan kedelai, termasuk komoditas pertanian lain. Untuk itu, sulit bagi daerah mengendalikan gejolak harga bahan pokok di pasaran. Naiknya harga kedelai ini diprediksi masih akan berlangsung hingga dua sampai tiga bulan kedepan.

Sementara, disinggung harga bumbu dapur seperti cabai, bawang merah dan sejenisya. Rusnah meyakinkan, secara umum masih terbilang stabil meski dalam suasana PPKM Mikro.

Cabai keriting misalnya, dari Rp40 ribu/Kg bulan ini masih sama. Pun demikian bawang putih, tetap bertahan pada kisaran harga Rp25 ribu/Kg. “Bawang merah dari Rp15 ribu/Kg sekarang naik Rp18 ribu/Kg. Selain kedelai untuk bahan pokok lain masih stabil,” pungkasnya. (jun)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional