Harga Cabai Tembus Rp165 Ribu

Pedagang cabai di Pasar Induk Mandalika menunggu pembeli. Sampai saat ini harga cabai di Kota Mataram masih tinggi,  dengan harga tertinggi mencapai Rp165 ribu dan yang termurah Rp110 ribu.(Suara NTB/bay)

Mataram (Suara NTB) – Harga cabai di Kota Mataram sampai dengan Jumat mencapai Rp165 ribu/kg. Kenaikan tersebut diakui terjadi secara nasional, dan diperkirakan akan kembali turun April mendatang.

Kabid Pengendalian Bahan Pokok dan Penting (Gapokting) Disdag Kota Mataram, Sri Wahyunida menerangkan panen cabai pada Maret ini menjadi satu-satunya harapan menurunkan harga cabai. “Maret ini panen sudah dimulai. Untuk kita memasuki puasa, Insya Allah ada kemungkinan kalau panen ini berhasil sedikit demi sedikit mulai turun harga cabai,” ujarnya kepada Suara NTB, Jumat, 19 Maret 2021.

Iklan

Diterangkan, berdasarkan hasil pantauan pihaknya di pasar tradisional di Mataram memang beredar cabai jenis baskara yang biasa didatangkan dari Pulai Jawa. Kendati demikian, berdasarkan hasil penelusuran cabai tersebut berasal dari petani di Lombok Barat (Lobar), sehingga tidak dapat membantu menurunkan harga cabai di pasaran.

“Jadi untuk cabai Jawa ternyata belum ada masuk. Setelah kita tanya ke pedagang dan petani, cabai baskara yang ada sekarang justru dari petani di Lobar,” jelas Nida.

Khusus untuk cabai baskara di Pasar Induk Mandalika dijual seharga Rp110 ribu per kilogram. Harga tersebut menjadi yang termurah dibanding jenis cabai rawit lainnya.

“Harga cabai di Pasar Mandalika hari ini, 19 Maret 2021 sekitar Rp130 ribu, sedangkan di Pasar Kebon Roek sudah mencapai Rp150 ribu. Kemudian di Pasar Pagutan, Pasar Dasan Agung dan Pasar Pagesangan sekitar Rp135-145 ribu,” ujar Nida. Selain itu, harga cabai di Pasar Cakranegara tercatat menjadi yang tertinggi, mencapai Rp160-165 ribu.

Terpisah, Kepala Pasar Induk Mandalika, H. Ismail menerangkan cabai baskara yang beredar saat ini mulai masuk pasar sejak Rabu, 17 Maret 2021. “Awalnya kita kira itu cabai Jawa, tapi kalau kita tanyakan ke pedagang itu ternyata cabai lokal. Makanya harganya masih mahal,” ujarnya.

Kendati demikian, cabai baskara diakui menjadi yang paling murah saat ini. “Cabai baskara itu yang jenisnya agak besar dan mengkilap. Harganya kalau dari pedagang itu dari Rp95-100 ribu. Setelah dicampur (dengan jenis cabai lainmya) di sini dijual Rp110-115 ribu,” tandas Ismail. (bay)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional