Harga Cabai Melonjak, Pengiriman ke Luar Daerah Dicegah

Mataram (suarantb.com) – Harga cabai di Kota Mataram saat ini mencapai Rp 40 ribu-Rp 50 ribu per kilogram. Diperkirakan kenaikan ini dipengaruhi kelangkaan yang terjadi di luar daerah, terutama Pulau Jawa. Sebab untuk kebutuhan lokal, ketersediaan cabai di NTB masih cukup.

Akibat godaan harga tinggi di luar daerah, para petani cabai di NTB mengirim cabai secara besar-besaran ke luar daerah. Di Kota Mataram sendiri, dalam hal ini Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (PKP) mulai mengantisipasi kelangkaan cabai.

Iklan

Dinas PKP Kota Mataram berupaya menekan pengiriman hasil pertanian besar-besaran ke luar daerah untuk menekan kenaikan harga yang cukup signifikan. Kepala Dinas PKP Kota Mataram, H. Mutawalli mengatakan pihaknya telah bernegosiasi dengan para petani terkait persoalan tersebut. Petani diminta untuk tetap menyediakan stok dalam rangka memenuhi kebutuhan daerah.

“Boleh dikirim ke luar, tapi jangan semuanya. Sisakan stok untuk kebutuhan lokal sekian persen,” ujarnya, Rabu, 16 November 2016.

Pihaknya bisa menekan para petani dengan kebijakan tersebut karena selama ini petani juga telah mendapat bantuan dari pemerintah. Sehingga antara petani dan pemerintah dapat bersepakat. “Bagi petani yang mendapatkan bantuan, harus juga memperhatikan kebutuhan pemerintah,” tambahnya.

Tak dipungkiri, petani mendapatkan keuntungan besar dengan adanya kenaikan harga ini. Terutama harga di luar daerah yang kini mencapai Rp 100 ribu per kilogram. Mengirim cabai ke luar daerah menjanjikan laba besar bagi petani maupun pengusaha cabai. Untuk itu, Pemkot Mataram mengantisipasi kelangkaan stok cabai di daerah melalui kesepakatan dengan para petani.

Untuk antisipasi kenaikan harga yang terlalu tinggi, Dinas PKP akan berkoordinasi dengan Diskoperindag (Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan) bagaimana menekan harga agar tidak menimbulkan keresahan masyarakat. Dinas PKP juga meminta kerja sama pelabuhan untuk mengawasi pengiriman hasil pertanian ke luar daerah. (rdi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here