Harga Bahan Pokok Masih Stabil di Dompu

Harga kebutuhan Bahan Pokok (Bapok) di Dompu, masih stabil menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 H tahun 2020, Sabtu, 25 Juli 2020.(Suara NTB/jun)

Dompu (Suara NTB) – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 H tahun 2020, harga sejumlah kebutuhan Bahan Pokok (Bapok) di Dompu, masih cukup stabil. Seperti halnya cabai, bawang putih, tomat dan berbagai komoditas pertanian lain. Kondisi itu menyusul terpenuhinya stok dari luar daerah.

Salah seorang pedagang di Pasar Induk, Nurmi kepada Suara NTB, Sabtu, 25 Juli 2020 menuturkan, hampir semua jenis bumbu dapur yang dijajakan kembali pada harga normalnya. Cabai rawit matang atau usia panen misalnya, dari kisaran Rp50-Rp70 ribu/Kg kini maksimal dijual Rp30 ribu/Kg. “Kalau yang muda ini kami ambil Rp10 ribu/Kg dari Lombok, jualnya sampai Rp20 ribu/Kg,” terangnya.

Iklan

Kondisi serupa juga berlaku untuk cabai keriting, yang mana sebelumnya tetap bertahan pada harga Rp65 ribu/Kg sekarang hanya Rp30 ribu/Kg. Sedangkan bawang putih normal Rp25 ribu/Kg, tomat Rp10 ribu dan bawang merah Rp30 ribu/Kg dari lonjakan signifikan sebelumnya.

Stabilnya harga komoditas pertanian lokal maupun luar daerah menjelang hari raya kurban ini, menurut dia, pengaruh terpenuhinya pasokan stok dari pengepul dimasa panen sebagian besar komoditas pertanian.

Situasi tersebut bahkan potensial membuat harga komoditas pertanian anjlok dalam beberapa bulan kedepan. “Kalau tetap melimpah seperti ini barangnya kemungkinan harga akan turun, tapi pedagang intinya bisa dapat untung saja walaupun sedikit,” ujarnya.

Disinggung tingkat kebutuhan konsumen dalam sebulan terakhir, Nurmi mengaku sudah kembali normal seperti hari-hari biasa sebelum pandemi Covid-19 muncul di wilayah ini. Hal itu ditandai barang yang dijajakan habis terjual dalam satu atau dua hari penjualan. “Pembeli tetap ada sekarang, bahkan pelanggan kita seperti pengusaha bakso dan rumah makan sudah datang ngambil barang. Kalau pas Corona kemarin kan sepi sekali,” pungkasnya. (jun)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional