Hanya 591 Peserta CPNS Berpeluang Lolos Ikut Tes SKB di Lobar

Ilustrasi peserta seleksi CPNS. (Suara NTB/dok)

Giri Menang (Suara NTB) – Pemda Lombok Barat (Lobar) belum mendapatkan kepastian terkait perankingan jumlah pelamar CPNS yang lolos ikut tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dari Panselnas Kemenpan RB. Namun berdasarkan estimasi hitungan Badan Kepegawaian Daerah dan PSDM (BKD dan PSDM) berdasarkan perankingan hasil tes SKD yang lolos passing grade dikalikan jumlah formasi terdapat 591 peserta yang berpeluang lolos ikut tes SKB.

Kepastian soal perankingan  peserta yang lolos ikut SKB akan diperoleh berapa hari kedepan. Rencananya, Rabu, 4 Maret 2020 BKD dan PSDM akan diundang oleh Kemenpan-RB dalam rangka validasi data. Setelah itu barulah keluar data peserta yang akan ikut SKB.

Iklan

Kepala BKD dan PSDM Lobar, Suparlan, S.Sos., Selasa, 3 Maret 2020 mengatakan terkait pengumuman penentuan hasil perankingan yang berhak ikut tes SKB akan ditetapkan dalam validasi data oleh Kemenpan-RB. Pihaknya pun diundang oleh kementerian dan rencananya pihaknya akan berangkat Rabu ini. Setelah validasi ini barulah keluar pengumuman dari panselnas, jumlah peserta yang berhak ikut tes SKB.

‘’Mengacu jumlah formasi 197 kalau dikalikan tiga maka jumlah peserta yang berpeluang berhak ikut SKB sebanyak 591. Kalau mengacu jumlah formasi 205 formasi dikurangi 8 formasi (karena tak ada pelamar, kalau dikalikan tiga sekitar 591 peserta yang berpeluang berhak ikut tes SKB,” ujarnya, Selasa, 3 Maret 2020.

Jika dibandingkan dengan jumlah peserta yang lolos passing grade sebanyak 1.352 orang, maka terdapat 761 yang bakal terganjal tidak lolos ikut tes SKB. “Artinya sebagian besar peserta lolos passing grade tidak bisa ikut tes SKB,” tambah Kepala Bidang Pengadaan, Penempatan, dan Fasilitasi Purna Tugas (P2FPT) pada BKD dan PSDM Lobar, L. Suastariadi H.

Diketahui hasil tes seleksi kompetensi dasar (SKD) di Lombok Barat, dari jumlah peserta 3.879 orang yang tidak hadir 425 orang, sedangkan yang ikut tes sebanyak 3.454 orang. Dari jumlah peserta yang ikut tes tersebut, sebanyak 2. 102 orang atau hampir 60 persen lebih peserta tidak memenuhi passing grade. Sedangkan sisanya hanya 1.352 orang atau sekitar 30 persen yang memenuhi passing grade. Dari 1.352 yang lolos tes SKD ini pun kemungkinan besar hanya 500-600 orang yang ikut tes SKB. Lantaran mereka ini akan tersisih pada perankingan. (her)