Hanya 30 Menit Dari Medan, Ini Tempat wisata di Binjai yang Bisa Dijelajahi!

Ilustrasi

Bicara mengenai Sumatera Utara, bayangan kita pasti ingatnya ke kota Medan, kota besar yang menjadi ibu kota provinsinya. Padahal ada juga kota-kota lain di sekitarnya yang punya wisata menarik untuk dikunjungi. Kota Binjai misalnya.

Kota yang berjarak sekitar 35 menit dengan naik kereta api dari Stasiun Besar Medan ini memiliki pemandangan alam yang indah. Sehingga jika suatu saat Anda berkunjung ke Medan, tak ada salah mampir ke kota ini.

Iklan

Di Binjai ada wisata apa saja? Tenang, berikut ada rekomendasi tempat wisata seru di Binjai yang bisa Anda jelajahi.

  1. Titik Nol Kota Binjai

Titik Nol Kota Binjai adalah sebuah tugu peringatan yang letaknya ada di T Amir Hamzah. Di mana bangunan ini sudah ada di sana sejak tahun 1971. Saat berdiri di tempat ini, Anda akan melihat bahwa kota Binjai itu punya lalu lintas yang padat.

Usia bangunan ini mungkin sudah tua, sudah lebih dari 40 tahun. Akan tetapi jangan salah, Titik Nol Kota Binjai masih terlihat berdiri kokoh. Tentu saja demikian, sebab pemerintah daerah sana sering kali merenovasinya. Dari mulai patung yang selalu dicat, menjadikan pemandangan di sekelilingnya lebih indah, hingga menambahkan berbagai tanaman hias di sana. Ke kota Binjai rasanya tak afdol jika Anda tak mampir ke tempat ini.

  1. Kolam Abadi Langkat

Mengunjungi tempat yang satu ini akan memberi Anda rasa damai dan sejuk. Sebuah tempat yang sebenarnya merupakan sungai dengan air kebiruan layaknya danau di sekitar kawah. Aliran deras dan dalamnya juga konon cukup menakutkan.

Untuk bisa sampai ke tempat ini, Anda harus melakukan perjalanan sekitar 28 km dari kota. Jalannya yang terjal juga tak terlalu membuat nyaman. Tapi tentu, ini yang menjadi daya tariknya. Setelah melewati medan yang sulit, Anda akan menemukan pemandangan yang memukau.

  1. Masjid Raya Binjai

Yang wajib Anda kunjungi saat di Binjai juga adalah Masjid Raya Binjai. Sebuah masjid yang usianya sudah sekitar 129 tahun, yang didirikan oleh Kesultanan Langkat.

Desain masjid ini menggunakan perpaduan arsitektur Arab dan juga Melayu. Anda bisa dengan mudah mengenalinya dari jendela serta pintunya. Mimbarnya juga banyak dihiasi ornamen-ornamen khas Melayu.

  1. Air Terjun Siluman

Nama tempat yang satu ini cukup unik. Sebuah tempat yang air terjunnya hanya bisa disaksikan saat musim hujan saja. Di mana pada saat itu, matamu akan dimanjakan dengan pepohonan hijau serta udara sejuk yang membuat rileks. Dan sebaliknya, saat musim kemarau, air terjunnya tidak terlihat.

Untuk bisa sampai ke tempat ini, Anda harus berjalan melewati medan yang terjal sejauh 30 km dari kota. Namun pun demikian, tempat yang sepi dan indah ini sangat sepadan dengan perjalanan yang Anda lewati.

  1. Taman Balita Binjai

Jika Anda datang ke Binjai bersama si kecil, mampirlah ke tempat ini. Di sini, anak-anak akan terhibur dengan berbagai aneka permainan. Dari mulai ayunan, seluncuran, hingga yang lainnya. Pohon-pohon besar dan rindangnya juga akan membuat anak-anak merasa sejuk dan nyaman.

  1. Namu Sira-Sira

Tempat yang satu ini merupakan sungai lebar yang airnya yang bersih serta jernih. Meski sebenarnya adalah sungai, masyarakat di sekitarnya menyebut tempat ini sebagai Pantai Pangkal. Hal ini karena ukuran serta luasnya yang tak seperti sungai.

Jangan khawatir, tempat ini sudah punya fasilitas yang lengkap. Ada ruang ganti, mushola kecil, dan juga toilet. Dan dengan harga yang murah, Anda dan keluarga bisa refreshing di sungai ini.

  1. Pantai SB

Tempat yang satu ini cukup tenang dan sepi. Hal ini konon diakibatkan oleh banyaknya tempat populer baru di Binjai. Anda yang mencari ketenangan, sangat bisa mendatangi tempat ini. Anda bisa bermain air, bermain bebatuan, dan berfoto-foto. Pemandangan indah serta pepohonan rindang di sekitar pantainya pasti akan membuatmu tenang dan damai.

  1. Pantai Florida

Bukan, Anda bukanlah ke luar negeri. Tempat yang dimaksud masih bagian dari Indonesia. Di tempat ini Anda akan melihat sebuah air terjun indah yang tersembunyi, yang aliran airnya berasal dari bebatuan. Ya, tempat ini bukanlah pantai. Tetapi lagi-lagi, masyarakat sekitarnya yang menyebutnya demikian. Datang ke tempat ini jelas sekali Anda akan merasakan sensasi menyenangkan. Udara dan pemandangannya sangatlah nyaman dan indah.

  1. Taman RTH Dewi Sri

Taman RTH Dewi Sri merupakan sebuah area terbuka hijau yang bisa Anda singgahi saat di Binjai. Aliran sungai Mencirim yang ada di sana cukup memukau. Di bagian tepinya, Anda akan melihat rumah-rumah yang cantik dengan aneka warna. Apalagi sunset. Berfoto di sana di momen tersebut akan memberikanmu pengalaman yang menakjubkan.

  1. Tugu Perjuangan 1945

Binjai punya Tugu Perjuangan 1945. Sebuah tempat yang juga sangat identik dengan Binjai. Tak afdol ke Binjai jika tak mampir ke sini. Mampir ke sana pada malam hari akan lebih bagus, sebab lampu-lampu malamnya akan memukau matamu. Sangat cocok untuk diabadikan dengan menggunakan kamera ponselmu.

  1. Ovany Water Park

Tempat yang satu ini merupakan wahana permainan air yang ada di Binjai. Sekali pun wahananya belum lengkap, bermain di tempat ini saat akhir pekan, dengan membawa makanan bersama keluarga ataupun sahabat akan terasa sangat menyenangkan.

  1. Kampung Kuliner Binjai

Ini yang wajib dikunjungi para pecinta kuliner. Tempatnya asik dan menarik. Aneka kulinernya menantang untuk dicoba. Dari mulai berbagai jenis mie dan bakso, kemudian juga kopi dan minuman, hingga nasi goreng serta makanan-makanan unik ada di tempat ini. Tapi ingat, tempat ini bukanya mulai dari jam 11 siang hingga jam 11 malam ya. Jadi jika nyari sarapan, jangan ke tempat ini.

Itu dia 12 tempat wisata yang ada di Binjai. Jadi jika Anda punya banyak waktu saat mengunjungi Medan, jangan lupa mampir ke kota ini juga ! Masih menyusun rencana ke Medan? Coba cari tiket air asia di Traveloka tujuan Medan.

Untuk transportasi dari Bandara Kualanamu-nya sih tak perlu khawatir. Anda bisa pesan kereta bandara menuju pusat kota Medan. Lokasi stasiunnya tepat berada di depan pintu kedatangan.

Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu taat protokol kesehatan di mana pun Anda berada. ya. Selamat berlibur! (r)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional