Hamzan Wahyudi Terpilih sebagai Ketua Pengurus Wilayah INI NTB

Mataram (Suara NTB) –  Konferensi Wilayah (Konferwil) Ikatan Notaris Indonesia (INI) NTB ke-V diselenggarakan pada Sabtu, 10 September 2016 di Hotel Golden Palace, Mataram. Dalam Konferwil INI NTB Ke-V, Hamzan Wahyudi, SH. MKn., terpilih sebagai Ketua Pengurus Wilayah (Pengwil) INI NTB 2016-2019 secara aklamasi. Ia menggantikan Ketua Pengwil INI NTB periode 2013-2016, Aroman SH.

Keputusan itu disepakati, setelah melalui sidang pleno Konferwil INI NTB ke-V pada Sabtu petang. Pada Sabtu malam, juga dilakukan pelantikan Dewan Kehormatan Wilayah dan Daerah INI NTB serta Pelantikan Ketua Pengwil INI NTB.

Iklan

Pelantikan Ketua Pengwil INI NTB periode 2016-2019, Hamzan Wahyudi, SH., MKn., dilakukan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) INI, Yualita Widyadhari, SH., MKn. Disaksikan oleh sejumlah anggota PP INI beserta seluruh peserta Konferwil INI NTB ke-V.

Dikonfirmasi setelah acara, Ketua Pengwil INI NTB, Hamzan Wahyudi menyampaikan, setelah Konferwil ini, pihaknya akan mengadakan rapat kerja organisasi ke daerah kabupaten/kota di NTB. Bertujuan untuk memilih pengurus daerah.

Hamzan Wahyudi menekankan, dirinya membaktikan seluruh hidupnya bagi INI. ‘’Seluruhnya saya baktikan di INI. Saya hidup di situ, jadi sangat tidak bijak kalau saya tidak sepenuhnya memperhatikan Ikatan Notaris Indonesia NTB,’’ ujarnya.

Ia berharap ke depan, secara bersama-sama akan melakukan perubahan secara total. Baik di tingkat wilayah NTB, maupun di daerah kabupaten/kota di NTB. “Ke depan kita akan melakukan pengkaderan, melatih kepemimpinan, dan banyak lagi program yang sesuai dengan anggaran dasar yang akan kita kerjakan dan laksanakan,” tandas Hamzan Wahyudi, yang sebelumnya memegang tanggung jawab sebagai Ketua Panitia Konferwil INI NTB ke-V.

Pembukaan Konferwil INI NTB ke-V, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne INI. Setelah itu dilanjutkan dengan Laporan Ketua Panitia, Hamzan Wahyudi, SH. MKn.

Dalam laporannya, Hamzan Wahyudi menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang menyukseskan acara ini. Ia juga menekankan, tema Konferwil INI NTB ke-V yaitu  ‘’Wujudkan Jati Diri Notaris yang Bermartabat Profesional dan Berintegritas Melalui Semangat Kebersamaan Organisasi’’.

Ia menekankan, pada prinsipnya, tema yang diusung sudah menyatu dalam diri seluruh notaris. ‘’Sudah menjadi prinsip dasar yang mestinya ada pada jabatan notaris. Pada kali ini, kita mengukuhkan ada pada diri kita masing-masing. Kenapa kebersamaan ditekankan, karena mustahil tanpa kebersamaan kita bisa membesarkan organisasi kita, INI,’’ kata Hamzan Wahyudi.

Hamzan Wahyudi juga melaporkan, peserta Konferwil sebanyak 157 orang. Dan Anggota Luar Biasa (ALB) sekitar 30-an orang.

Dalam pembukaan Konferwil INI NTB ke-V, Ketua Pengwil INI NTB periode 2013-2016, Aroman, SH., menyampaikan Konferwil INI NTB ke-V lebih memiliki warna. Terlebih lagi jumlah anggota yang sudah semakin banyak. Sehingga harus mengelola organisasi secara serius.

Ia menekankan, Konferwil INI NTB ke-V menjadi tonggak untuk belajar berorganisasi secara tertib. Dengan jumlah anggota yang semakin besar. Akan menimbulkan permasalah, dan juga potensi yang semakin besar. Sehingga dibutuhkan manajemen kepemimpinan yang baik dan modern.

“Sehingga dibutuhkan pengurus, dia harus mampu mengikuti perkembangan informasi teknologi. Kedua, dibutuhkan manajamen yang modern, oleh sebab itu, Pengwil NTB mencanangkan bahwa konferwil INI NTB ke-V, memberikan kesempatan kepada generasi berikutnya yang bisa menjawab tantangan itu. saat yang tepat memberikan kesempatan kepada yang muda,’’ katanya.

Sementara, dalam sambutan Ketua PP INI yang disampaikan oleh Sekretaris Umum PP INI, Tri Firdaus Akbarsyah, SH.,MH., menekankan jika Konferwil merupakan salah satu bentuk pelaksanaan konstitusi organisasi.

Ia menyampaikan, tantangan ke depan bagi INI tidaklah mudah. Tantangan internal dan eksternal semakin dinamis dan menantang. “Untuk itulah salah satu tugas PP INI, mengimbau kepada anggota untuk menjaga keluhuran harkat, martabat, dan keluhuran notaris, agar tidak mengorbankan idealisme untuk mengejar kesuksesan jangka pendek,’’ tandasnya.

Konferwil INI NTB ke-V dibuka oleh Gubernur NTB yang diwakili oleh Asisten I Pemprov, Dr. M.Agus Patria, SH. MH.

Selain pemilihan dan pelantikan Ketua Pengwil NTB periode 2016-2019 dan Pembentukan dan Pemilihan Dewan Kehormatan Wilayah dan Daerah. Dalam kesempatan itu, juga dilaksanakan upgrading. Pemaparan materi dilakukan oleh sejumlah pemateri, antara lain Winanto Wiryomartani, SH., M.Hum, Dr. Habib Adji, SH., M. Hum., dan Hafendi Harahap, SH., MH. Dimoderatori oleh H. Abdullah, SH., MH. (ron/*)