Hampir Rampung, Pengerjaan Fasilitas Penunjang Sirkuit Mandalika

Kondisi terkini salah satu tikungan Sirkuit Mandalika yang sedang dalam proses pembangunan. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Seluruh pengerjaan fasilitas penunjang sirkuit Mandalika saat ini sudah hampir rampung, dengan progres diatas 80 persen. Bahkan pembangunan medical center lengkap dengan helipad sudah mencapai 100 persen alias tuntas. Kecuali pembangunan jalur lintasan utama sirkuit yang masih sekitar 68 persen, tetapi diyakini tuntas tidak lama lagi.

Chief Strategic Communication Officer Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA), Happy Harianto saat dikonfirmasi Suara NTB, Kamis, 29 Juli 2021, mengatakan, laporan sampai tanggal 25 Juli kemarin, progres keseluruhan pekerjaan di Sirkuit Mandalika sudah mencapai 89,12 persen.

Iklan

Baik pekerjaan trek maupun pekerjaan bangunan fasilitas pendukung di dalam sirkuit.

‘’Untuk pekerjaan trek terutama pada pengaspalan, pada bagian track lane utama sudah mencapai 68 persen. Kemudian outer and inner service road 98 persen dan run-off asphalt mencapai 22 persen,’’ jelasnya.

Kemudian ada pekerjaan trek selain pengaspalan antara lain run off gravel yang progresnya sudah mencapai 99 persen dan run off grass 98 persen. Sementara untuk bangunan fasilitas pendukung dalam trek seperti race control dan medical center, progresnya sudah 81,5 persen dan 100 persen.

Terakhir ada pekerjaan pit building saat ini masih dalam tahap pembuatan pondasi. Untuk bangunana fit building sendiri dilakukn secara modular yang pemasanganya akan dilakukan dalam dekat ini. ‘’Secara umum semua pekerjaan sirkuit Mandalika termasuk fasilitas pendukung masih sesuai target,’’ tegasnya.

Pihaknya optimis Sirkuit Mandalika yang merupakan sirkuit berstandar internasional dengan fasilitas pendukung yang berstandar internasional bakal segera rampang. Dan, bakal menjadi sirkuit kebanggaan masyarakat Indonesia. Sekaligus siap menjadi tuan rumah gelaran balap motor kelas dunia. Baik itu World Superbike (WSBK) ataupun MotoGP.

Sirkuit Mandalika sendiri nantinya akan menjadi sirkuit jalan raya pertama yang menggelar event MotoGP. Karena konsep pembangunan sirkuit Mandalika sendiri bukan murni sirkuit. Tetapi merupakan Jalan Khusus Kawasan (JKK) yang ada di dalam kawasan The Mandalika. Tetapi dibangun dengan standar kelas sirkuit grade A.

Karena memang untuk bisa menggelar balapan untuk kelas MotoGP, sirkuit yang dibangun harus bertipe grade A. ‘’Untuk itu, dukungan dari seluruh masyarakat didaerah ini sangat diharapkan. Supaya Sirkuit Mandalika bisa segera tuntas dan bisa menjadi ikon bagi Indonesia secara lebih luas,’’ pungkas Happy. (kir)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional