Hama Penggerak Batang Serang Ratusan Hektar Tanaman Padi di Loteng

Praya (Suara NTB) – Ratusan hektar tanaman padi di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) kini terancam gagal tanam. Menyusul munculnya hama penyakit berupa pengerek batang yang menyerang tanaman padi petani di sejumlah daerah. Ironisnya, belum ada upaya penanganan yang dilakukan oleh pemerintah daerah. Akibatnya, pengendalian serangan hama tersebut belum bisa maksimal.

“Petani sebenarnya sudah berupaya melakukan pengendalian. Tapi belum bisa maksimal. Sementara pemerintah daerah yang diharapkan bisa membantu tak kunjung bertindak,” aku Abdul Kasim, petani asal Praya Barat, Selasa, 17 Januari 2017 kemarin.

Iklan

Ia menjelaskan, serangan yang paling parah terjadi di wilayah Desa Bonder. Di mana hampir 80 persen luas tanaman padi di wilayah tersebut, terkena serangan hama pengerek batang ini. Tidak hanya itu, petani di Desa Penujak, Pandan Indah serta Desa Kabul juga terkena serangan hama pengerek batang. “Rata-rata hama ini menyerang lahan pertanian di daerah tadah hujan,” terangnya.

Faktor cuaca yang tidak menentu, disinyalir sebagai penyebab utama munculnya serangan hama tersebut. Di mana terkadang hujan diselingi cuaca terik yang menyengat, sehingga hama berupa ulat ini berkembang biak dengan cukup pesat.

Asisten II Setda Loteng, Ir. Nasrun, yang dikonfirmasi terkait serangan hama tersebut, mengaku belum mendapat laporan dari dinas terkait. “Belum ada laporan ke kita terkait serangan hama ini. biasanya, kalau ada serangan hama pasti sudah ada laporan,” jawabnya.

Mungkin, dinas terkait tidak melapor karena persoalan tersebut sudah ditangani. Tapi bagaimana pun juga pihaknya akan tetap mempertanyakan perihal serangan hama ini. (kir)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional