Guru Honorer Harapkan Hasil Terbaik di Seleksi PPPK

Suasana seleksi PPPK di salah satu TUK PPPK yaitu SMAN 1 Mataram.(Suara NTB/ron)

Mataram (Suara NTB) –  Sejumlah guru honorer mengharapkan hasil terbaik pada seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang digelar mulai Senin, 13 September 2021. Model seleksinya menggunakan metode CAT atau berbasis komputer.

Salah seorang peserta, Sri Jumiati yang ditemui seusai mengikut seleksi PPPK di Tempat Uji Kompetensi (TUK) di SMAN 1 Mataram, pada Senin, 13 September 2021 mengaku bersyukur bisa mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi PPPK. Menurutnya ada 100 soal yang harus dikerjakan. Ia sendiri sudah mengabdi 11 tahun sebagai guru BK di SMKN 2 Mataram. “Alhamdulillah lancar. Sudah lega bisa ikut seleksi PPPK, tinggal menunggu hasilnya,” ujarnya.

Iklan

Peserta lainnya, Luluk Haryanti yang sudah mengabdi di SMAN 4 Mataram selama empat tahun juga mengaku lega setelah mengikuti tes PPPK. Ia juga bersyukur bisa ikut karena tidak semua guru honorer bisa mengikuti seleksi PPPK ini. Ia mengharapkan hasil maksimal pada seleksi PPPK ini.

“Saya juga sudah mempersiapkan beberapa hal sebelumnya, persiapan ikut try out dan mengerjakan soal-soal PPPK yang diperoleh di interet, dan ikut tutorial di YouTube,” ujarnya.

Panitia di TUK SMAN 1 Mataram, yang juga Wakasek Bidang Humas SMAN 1 Mataram Ilhamuddin Aminullah, menjelaskan, sebanyak 243 peserta akan mengikuti seleksi PPPK di SMAN 1 Mataram. Terdapat empat ruang tes di SMAN 1 Mataram dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Peserta yang datang diarahkan ke ruang tunggu untuk pengecekan dokumen. Setelah itu baru diarahkan ke ruang ujian. Peserta juga diharsukan membawa bukti tes swab dengan hasil negatif.

“Kalau positif, tidak diizinkan, dan akan ikut ujian susulan. Ada enam orang yang tidak ikut Senin, tapi kami belum dapat konfirmasi alasannya,” ujarnya.

Total guru honorer yang mengikuti tes PPPK tahap pertama mencapai 24.681 peserta, mulai dari guru honorer jenjang TK hingga SMA sederajat di NTB. Data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB menyebut, total formasi PPPK Pemprov NTB ada 4.442 formasi. Rinciannya, Guru SLB ada 219 formasi, guru SMA 1.973 Formasi dan Guru SMK ada 2.250 formasi.

Sesuai petunjuk teknis (juknis) seleksi PPPK Kemendikbud Ristek, untuk seleksi tahap pertama, diperuntukkan bagi THK-II sesuai dengan pangkalan data BKN, dan Guru non-ASN yang aktif mengajar di sekolah negeri, di bawah kewenangan pemda provinsi, kabupaten dan kota. Kemudian terdaftar di Dapodik. Pelamar seleksi ini, wajib memilih formasi di sekolah tempat pelamar mengajar saat ini, yang sesuai dengan kualifikasi akademik atau sertifikat pendidik. (ron)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional