Guru Honorer Bisa Daftar PPPK

Baiq Nelly Kusumawati. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Para guru honorer di Kota Mataram bisa bernafas lega.Pasalnya, honorer yang sudah masuk dalam daftar pokok pendidikan (dapodik) dan mempunyai sertifikasi pendidikan bisa mendaftar sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K).Petunjuk teknis pendaftaran menunggu kepastian dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati menjelaskan,terdapat tiga tahap penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K). Pertama, guru yang telah masuk kategori pegawai honorer kategori dua (K2).Kedua, guru yang telah masuk daftar pokok pendidikan.Ketiga, guru swasta atau pelamar umum yang memiliki sertifikaf pendidik. “Untuk pelamar yang baru lulussaya liha tidak ada,” kata Nelly.

Iklan

Proses seleksi P3K berbeda dengan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Guru hanya mengikuti tes kompetensi manajerial, kultur sosial dan wawancara. Sistem wawancara tidak secara langsung melainkan melalui aplikasi yang disiapkan oleh Badan Kepegawaian Negara.“Jadi tidak face to face,” jawabnya.

Sementara pendaftaran CPNS maupun P3K kata Nelly, masih menunggu arahan dari Kepala Kantor Regional X Badan Kepegawaian Negara, Denpasar, Bali.Portal untuk pendaftaran CPNS belum dibuka.Adapun pendaftaran dimulai pertengah bulan Juni juga belum berani dipastikan.

Kanreg X BKN biasanya mengundang kabupaten/kota dan provinsi untuk menyepakati jadwal pelaksanaan penerimaan CPNS dan P3K.“Biasanya disepakati daerah mana yang lebih awal membuka pendaftaran.Disana baru ditentukan,” ujarnya.

Karena itu, masyarakat diminta tetap menunggu informasi secara resmi dikeluarkan oleh Pemkot Mataram melalui website resmi maupun akun media sosial yang dikelola secara resmi oleh BKPSDM Kota Mataram.(cem)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional