Guru Anggota KKM MIN 4 Loteng Dilatih Pembelajaran Tematik

Salah seorang peserta sedang dikalungkan ID sebagai tanda dimulainya kegiatan pelatihan pembelajaran tematik. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Balai Diklat Keagamaan (BDK) Denpasar menggelar Pelatihan Pembelajaran Tematik bagi guru-guru anggota Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MIN 4 Lombok Tengah (Loteng). Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 7 -12 Juni 2021 di Aula MIN 4 Loteng.

Pelatihan pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu. Dalam pelaksanaannya, seluruh kegiatan penyampaian materi pelajaran disajikan secara terpadu atau terintegrasi antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran yang lain.

Iklan

Dalam sambutannya Ketua Panitia Diklat Pelatihan Pembelajaran Tematik BDK Denpasar Fenty Herlina Sari, menyampaikan pelatihan yang dilaksanakan selama 6 hari kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan atau keahlian. Termasuk, keterampilan dalam proses pembelajaran dan sikap mental guru madrasah untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan standar kompetensi sebagai seorang guru yang profesional.

“Prinsip pelaksanaan pelatihan adalah pembelajaran bagi orang dewasa andragogi, dan agar sesuai sasaran capaian kompetensi yang harus diperoleh para guru Kementerian Agama, maka pemilihan metode pengajaran harus disesuaikan dengan karakteristik peserta pelatihan dan aktualisasi kegiatan yang dilaksanakan di lapangan,” ujarnya.

Sasaran dari pelatihan ini sebanyak 40 peserta. Peserta Pelatihan Pembelajaran Tematik Madrasah Ibtidaiyah terdiri dari para guru di wilayah KKM MIN 4 Loteng yang memiliki kompetensi. Selain itu, mampu melaksanakan tugas bimbingan di tempat tugas masing-masing. Tidak hanya itu dapat memacu prestasi dan produktivitas kinerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Selama mengikuti pelatihan, berbagai materi pembelajaran diberikan. Diantaranya adalah dalam bentuk penyampaian materi, praktik, tugas, maupun ujian akhir pembelajaran. Pembelajaran pada pelatihan ini diberikan oleh widyaiswara Denpasar dan pemateri dari Kemenag Lombok Tengah.

Dalam pengarahannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan,Kepala Kemenag Loteng yang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah H. Muliadi M.Pd., berterima kasih kepala tim PDWK dari BDK Denpasar yang telah menunjuk MIN 4 Loteng sebagai lokasi pelaksanaan pelatihan Pembelajaran Tematik MI angkatan ke V bagi guru pada KKM MIN 4 Loteng tahun ini.

“Pembelajaran tematik ini dapat ditegaskan sebagai upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan, terutama untuk mengimbangi padatnya materi kurikulum,” ucapnya.

Dilanjutkannya, pembelajaran tematik mempunyai keunggulan yang harus dipertahankan atau didapatkan.Seperti menyenangkan karena bertolak dari minat dan kebutuhan siswa dan menumbuhkan keterampilan sosial, seperti bekerja sama, toleransi, komunikasi, dan tanggap terhadap gagasan orang lain.

“Setiap guru harus mampu membaca dan mempertahankan keunggulan yang ada pada pembelajaran tematik ini dengan strategi masing-masing,” tambahnya.

Menyangkut pembangunan bidang agama, tambahnya, kebijakan peningkatan pelayanan pelatihan, nilai-nilai dasar SDM tenaga pendidik Kementerian Agama,  baik yang mengajar di madrasah swasta atau negeri. Jika dijumlahkan sebanyak 1.200 tenaga pengajar yang tersebar di seluruh jenjang pendidikan madrasah di Loteng.

“Semoga pelatihan yang dilaksanakan ini akan dapat mencapai tujuan dan sasaran yang diharapakan yaitu peningkatan kualitas dan kompetensi bagi tenaga pendidik dan madrasah di bawah naungan KKM MIN 4 Loteng yang mampu melaksanakan tugas dengan baik, kompeten, dan profesional,” harapnya. (dys)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional