Gunung Barujari Lontarkan Abu Setinggi 2.000 Meter

Selong (suarantb.com) – Gunung Barujari yang merupakan anak Gunung Rinjani kembali meletus. Gunung tersebut melontarkan abu vulkanik setinggi 2.000 meter, Selasa 27 September 2016. Menurut informasi Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, Sutopo Purwo Nugroho, gunung tersebut kembali meletus pukul 14.45 Wita.

“Aktivitas vulkanik Gunung Barujari cukup meningkat dengan amplitude 52 milimeter, dan meletus melontarkan abu vulkanik setinggi 2.000 meter. Abu condong ke arah barat daya,” ujarnya melalui pesan singkat yang diterima suarantb.com.

Iklan

Diperkirakan abu vulkanik akan mencapai Kota Mataram. Selain itu abu juga berpotensi mengganggu penerbangan di Lombok International Airport (LIA). Sehingga mengimbau agar masyarakat tetap waspada.

BNPB Pusat telah memerintahkan BPBD Provinsi NTB, BPBD Kabupaten Lombok Tengah, BPBD Kabupaten Lombok Utara, dan BPBD Kabupaten Lombok Timur untuk mengantisipasi kondisi terburuk.

“Stok masker di BPBD Provinsi NTB masih 55.000 lembar, sedangkan di dinas kesehatan ada 250 lembar,” imbuhnya.

Hingga berita ini diturunkan, suarantb.com masih menghubungi pihak LIA untuk mengkonfirmasi terkait ada tidaknya penutupan bandara akibat letusan Gunung Barujari tersebut. (szr)