Gunung Agung Erupsi Lagi, Aktivitas Penerbangan di LIA Masih Normal

Praya (Suara NTB) – Gunung Agung di Bali kembali erupsi sejak Senin (30/4) lalu. Namun demikian, dampak erupsi Gunung Agung tidak mempengaruhi aktivitas penerbangan di Lombok International Airport (LIA). Hingga Selasa, 1 Mei 2018, seluruh aktivitas penerbangan dari dan menuju LIA, terpantau lancar.

‘’Kalau persoalan delay biasalah. Tapi kalau sampai ada yang tertunda ataupun batal karena erupsi Gunung Agung sejauh ini belum ada. Dan, mudah-mudahan tidak sampai terganggu,’’ harap General Manager PT. Angkasa Pura (AP) I LIA, I Gusti Ngurah Ardhita, melalui Humas I Nyoman Siang, kepada Suara NTB, Selasa, 1 Mei 2018.

Iklan

Ia menjelaskan, aktivitas operasional bandara secara umum juga tetap berjalan normal. Dengan jumlah pergerakan pesawat lebih dari 80 pergerakan. Baik itu pesawat datang maupun pergi. Baik penerbangan internasional maupun domestik.

Diakuinya, memang sebelumnya Gunung Agung Bali sempat mengalami erupsi. Dengan ketinggian debu mencapai hingga 1.500 meter. Akan tetapi hal itu tidak sampai mengganggu aktivitas penerbangan. Baik itu yang menuju maupun dari LIA.

“Arah abu vulkanik Gunung Agung mengarah ke barat daya. Sehingga jalur penerbangan ke LIA dinyatakan clear,’’ jelasnya. Jadi semua penerbangan menuju LIA dinyatakan aman.

Pun demikian, setiap perkembangan aktivitas Gunung Agung sendiri tetap dipantau. Untuk memastikan proses penerbangan. “Dengan posko pemantauan aktivitas Gunung Agung, kita terus berkoordinasi. Begitu pula dengan pihak Bandara International Ngurah Rai,  Bali, komunikasi tetap berjalan,’’ pungkasnya. (kir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here