Gunakan Hasil Swab Test Palsu, Penumpang Pesawat Diamankan Polisi

Penumpang yang diduga memalsukan dokumen PCR Swab test saat diamankan polisi.  (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Seorang  penumpang pesawat berinisial AR (34) gagal terbang ke Denpasar, Bali. Pasalnya warga Taman Raya Kelurahan Belian, Batam, Provinsi Riau ini, diduga menggunakan surat hasil PCR swab test palsu saat di Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin, Sabtu, 2 Januari 2020 sekitar pukul 08.00 Wita. Saat ini, pria kelahiran Labuhan Mapin 1987 itu telah diamankan ke Mapolres Sumbawa untuk dimintai keterangan.

Kapolres Sumbawa, AKBP. Widy Saputra, S.IK., yang dikonfirmasi melalui Kasubbag Humas, AKP Sumardi, S.Sos., membenarkan hal tersebut. Awalnya AR diamankan oleh pihak bandara karena diduga melakukan pemalsuan dokumen PCR SWAB. Diketahui, AR hendak melakukan perjalanan menggunakan pesawat Wings Air 1861 tujuan Denpasar, Bali. “Benar, yang bersangkutan diduga memalsukan dokumen PSC Swab yang merupakan salah satu syarat untuk melakukan penerbangan,” ungkapnya.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan gugus tugas setempat untuk melakukan pembatalan penerbangan terduga pelaku. Pihaknya juga berkoordinasi dengan Dokkes Polres untuk pemeriksaan rapid anti bodi terhadap pelaku. Selanjutnya, pelaku beserta barang bukti berupa dokumen PCR Swab diduga palsu dan identitas pelaku diserahkan ke Sat Reskrim, untuk proses penyelidikan lebih lanjut. “Pelaku sudah diamankan di sat Reskrim polres guna proses penyelidikan lebih lanjut,” pungkasnya. (ind)