Gunakan Aplikasi Pembelajaran Daring, SMPN 6 Mataram Bekali Guru

Kepala SMPN 6 Mataram, H. Azizudin (kanan) saat mendampingi workshop aplikasi Canva for Education dan Kinemaster untuk pembelajaran daring di SMPN 6 Mataram mulai Senin, 6 September 2021 sampai dengan Rabu, 8 September 2021.(Suara NTB/ron)

Mataram (Suara NTB) – SMPN 6 Mataram membekali guru dengan keterampilan menggunakan canva dan kinemaster untuk pembelajaran daring. Kegiatan lokakarya atau workshop aplikasi canva for education dan kinemaster untuk pembelajaran daring dilaksanakan di SMPN 6 Mataram mulai Senin, 6 September 2021 sampai dengan Rabu, 8 September 2021.

Kepala SMPN 6 Mataram, H. Azizudin mengatakan, tuntutan agar para pendidik dapat terus berinovasi dalam mengelola pembelajaran daring membuat pendidik merasa perlu untuk mempelajari fitur–fitur lain dalam aplikasi Canva serta Kinemaster.  “Agar guru bisa membuat video pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif,” ujarnya.

Iklan

Workshop ini diikuti 78 orang guru SMPN 6 Mataram.  Azizudin menjelaskan, workshop ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan para pendidik dan tenaga kependidikan khususnya di SMP Negeri 6 Mataram  dalam  memahami  fitur-fitur dalam canva untuk tampilan bahan presentasi dan powerpoint untuk mendukung proses kegiatan belajar yang inovatif dan menarik. Guru juga bisa memahami langkah-langkah membuat  audio power point.

“Memahami  fitur-fitur dalam aplikasi Kinemaster untuk pembuatan video pembelajaran, serta guru bisa memahami langkah-langkah membuat video pembelajaran melalui swaproduksi,” jelas Azizudin.

Ia menjelaskan, sebagai tindak lanjut dari workshop atau pelatihan ini, diharapkan semua pendidik dan tenaga kependidikan SMPN 6 Mataram dapat memanfaatkan aplikasi Canva dan Kinemaster untuk pembelajaran daring.

Azizudin menjelaskan, tahun ini merupakan tahun kedua bagi dunia pendidikan Indonesia menghadapi gelombang pandemi Covid-19. Jika pada awal pandemi pemerintah terus berupaya menyusun kegiatan pembelajaran jarak jauh agar dapat berjalan maksimal dengan perbaikan infrastruktur dan bantuan kuota bagi pendidik dan peserta didik, maka di pertengahan tahun pemerintah banyak membuka kesempatan pengembangan diri bagi pendidik untuk pengelolaan kelas daring yang lebih baik. (ron)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional