Gunakan Alat Canggih, RSUD Dompu Pastikan Hasil Laboratorium Akurat

Dompu (Suara NTB) – Hasil pemeriksaan laboratorium memberi pengaruh cukup besar terhadap ketepatan dalam penanganan pasien oleh dokter. Untuk memberikan pelayanan maksimal terhadap pasien, laboratorium RSUD Dompu memastikan setiap pemeriksaan dengan hasil yang akurat. RSUD Dompu telah melengkapi laboratorium dengan alat canggih untuk memastikan keakuratan hasil pemeriksaan.

Humas RSUD Dompu, Gunawan, A.Md.PIK kepada Suara NTB di Dompu, Senin, 21 Mei 2018 mengatakan, hasil pemeriksaan laboratorium atas pasien menentukan dalam penanganan pasien di rumah sakit. Ketika hasil laboratorium tidak akurat, maka penanganan pasien juga tidak akan maksimal dalam pengobatan. Menyadari hal itu, RSUD Dompu terus meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) tenaga laboratorium dan alat pemeriksaan yang memadai.

Iklan

“Alatnya juga tetap dilakukan pemeriksaan oleh tim untuk mengontrol setiap 6 bulan, setiap tahun,” katanya.

Kepala Laboratorium RSUD Dompu, Abdul Gafur, Am. AK mengatakan, alat laboratorium RSUD Dompu kini sudah dilengkapi dengan alat – alat yang canggih dan dikontrol secara otomatis melalui komputer. Seperti auto kimia untuk memeriksaan gula darah, test fa’al hati, test fa’al ginjal, lemah darah, dan test fa’al jantung.

“Sistem pemeriksaannya sudah secara otomatis dan dikontrol melalui komputer. Berbeda dengan alat  sebelumnya yang masih diproses secara manual. Dengan alat auto kimia, keakuratan hasilnya bisa dijamin,” jelas Abdul Gafur.

Humas RSUD Dompu, Gunawan, A.Md.PIK.

Begitu juga dengan pemeriksaan hematologi, laboratorium RSUD Dompu juga telah menggunakan auto hematologi. Sistem pemeriksaannya secara otomatis dengan sistem komputerisasi, sehingga hasilnya pun akurat.

“Pemeriksaan – pemeriksaan tertentu, juga sangat dipengaruhi oleh kondisi sampelnya. Bukan karena faktor alatnya,” terangnya.

Abdul Gafur pun yakinkan kepada pasien bahwa upaya memberikan hasil yang maksimal terhadap setiap pemeriksaan selalu dikedepankan kehati – hatian. Pengecekan alat laboratorium dan bahan campuran dalam pemeriksaan, juga selalu dilakukan quality control.

Quality control terhadap alat yang ada, tetap kami lakukan secara berkala,” katanya.

Ia bisa membandingkan keakuratan hasil laboratorium milik RSUD Dompu dengan hasil laboratorium milik laboratorium ternama lainnya. Hasilnya pun tidak akan meleset. Karena pihaknya terus melakukan pemantauan dan mengedepankan kehati – hatian dalam melakukan pemeriksaan untuk meminimalisir kekeliruan. Setiap sampel yang diuji, selalu diberi tanda.

Abdul Gafur pun mengungkapkan, pelayanan di laboratorium bisa dilakukan pada setiap pasien, baik yang dirawat inap/IGD, pasien rawat jalan, dan atau pasien transfusi. Untuk pasien rawat inap/IGD dengan menyampaikan surat permintaan pemeriksaan, atau sampel dengan etiket lengkap. Hasil pemeriksaan dikirim ke ruang rawat inap atau IGD.

Untuk pasien rawat jalan, surat permintaan pemeriksaan dan hasilnya diterima langsung oleh pasien untuk menjadi patokan pemeriksaan oleh dokter. Sementara pasien tranfusi, tetap mengajukan surat permintaan tranfusi. Sampel dengan etiket lengkap dan calon donor.

Bila cocok, dicarikan darah stock, atau donor langsung. Kemudian dilakukan uji saring, dan uji IMLTD. Ketika cocok, dilakukan dokumentasi dan darah didistribusi. “Tapi bila tidak cocok, dokumentasi, darah dikarantina, atau darah dimusnahkan,” terangnya. (ula/*)