Gubernur Tekankan Kades Lebih Banyak Bekerja

H. Zulkieflimansyah (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah berkesempatan melakukan silaturrahmi dengan kepala desa (kades) se-Kabupaten Sumbawa, Sabtu, 1 Agustus 2020 yang dipusatkan di Taman Mangga. Dalam silaturrahmi tersebut, gubernur juga membawa puluhan kepala OPD provinsi, sehingga para kades dapat berdiskusi serta berkoordinasi secara langsung.

Dalam sambutannya, Dr. Zul sapaan akrab Gubernur NTB, mengungkapkan alasan membawa kepala dinas dalam jumlah sangat banyak ke suatu daerah. Tentu karena selama ini banyak kepala desa yang ke Mataram. Sekarang giliran kepala OPD diajak turun langsung. Karena pimpinan OPD di provinsi bukanlah pimpinan OPD Mataram, tetapi pimpinan OPD NTB. “Jadi pimpinan OPD harus tahu betul desa-desa kita di mana di NTB ini. Karena sekali anda punya kesempatan melihat liku-liku, lekuk NTB, kita akan berhadapan dengan fenomena yang menakjubkan. Banyak yang indah-indah,” ujarnya.

Iklan

Kesempatan berjalan bersama ini, dinilainya menjadi pengalaman bagi para kepala dinas. Tetapi bagi kepala dinas yang paham dengan teori team building,  Gubernur juga bisa menilai seperti apa karakter bawahannya. Mengutip kata Nabi, untuk bisa memuji orang tidaklah sembarangan. Salah satunya harus mempunyai kesempatan berjalan bersama. Karena jika orang bersama, maka sifat aslinya akan terlihat.

Untuk itulah, Gubernur memberikan nasehat kepada kepala desa untuk sering bersama aparat desa yang lain melakukan tugas bersama-sama. Jangan hanya berdiam di kantor, tetapi juga melakukan berbagai aktivitas lain secara bersama. Dengan kebersamaan akan menyatukan hati.

“Jadi saya punya peta kepala dinas saya itu yang suka kerja bersama siapa. Yang sering ngilang-ngilang tidur sendiri siapa. Itu karakter. Dan itu hanya bisa kelihatan kalau kita bersama. Jadi kalau kita ada penugasan siapa yang cocok. Karena orang yang kalau punya kecenderungan bersinergi bersama-sama, entah gimanapun caranya pasti dia suka bersama-sama. Oleh karena itu, mungkin kelihaatan sederhana, tetapi saya punya tim nanti yang betul-betul bisa diandalkan karena kita sudah ngerti luar dalam,” pesan Gubernur.

Terkait hal lain, Gubernur, menekankan kades untuk lebih banyak bekerja ketimbang bicara. Gubernur juga memberikan pesan kepada kades agar dapat membangun komunikasi dan koordinasi yang baik dengan para kepala dinas. Menyangkut persoalan serta program di desanya masing-masing.  Usai memberikan sambutan, gubernur langsung mengarahkan para kepala desa untuk bisa berdiskusi serta berkoordinasi langsung dengan para kepala dinas. Di mana, dibagi beberapa kelompok sesuai dengan tupoksi masing-masing kepala dinas. (ind/arn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here