Gubernur NTB Resmikan Kampus Baru saat STP Mataram Gelar Wisuda ke-XX

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc., menandatangani prasasti peresmian Kampus STP Mataram, didampingi Ketua STP Mataram, Dr. Halus Mandala, M.Hum., seusai pelaksanaan Wisuda ke-XX, pada Sabtu (24/11). (Suara NTB/ron)

Mataram (Suara NTB) – Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram menggelar wisuda ke-XX untuk program D-3 Perhotelan, D-3 Perjalanan Wisata, dan Program 1 tahun Pusdiklat Tyatama Mataram, bertempat di Ballroom Lombok Vaganza Hotel and Convention, pada Sabtu (24/11). Sebanyak 236 orang diwisuda dalam kesempatan ini, dengan 41,1 persen di antaranya sudah diterima bekerja di sektor pariwisata.

Pelaksanaan wisuda ke-XX STP Mataram juga dirangkaikan dengan peresmian gedung baru perkuliahan STP Mataram dan soft opening Lombok Vaganza Hotel and Convention. Peresmian dilakukan oleh Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc., ditandai dengan penandatanganan prasasti peresmian Kampus STP Mataram.

Iklan

Ketua STP Mataram, Dr. Halus Mandala, M.Hum., dalam pidatonya menyampaikan, wisuda kali ini adalah yang ke-20 sejak berdirinya Akpar Mataram, sekaligus wisuda  pertama setelah perubahan bentuk menjadi STP Mataram. “Wisuda ini merupakan bukti awal perjuangan kami mewujudkan visi STP Mataram  menuju STP Mataram unggul, berdaya saing global, berlandaskan budaya pariwisaata,” katanya.

Dalam wisuda ini, STP Mataram mewisuda 236 orang dengan rincian sebanyak , 65 orang dari Program Satu Tahun Pusdiklat Tyatama, 147 orang dari Program D-3 Perhotelan, dan 24 orang dari Program D-3 Perjalanan Wisata. Dibandingkan wisuda tahun lalu, tahun ini mengalami kemajuan di antaranya, terjadi peningkatan rata-rata  IPK dan peningkatan nilai IPK tertinggi.

Selain itu, sebagian dari peserta wisuda telah diterima bekerja di beberapa hotel dan biro perjalanan wisata sebelum mereka diwisuda. Tidak hanya itu, semua lulusan tahun ini telah memiliki sertifikat kompetensi hasil Uji Kompetensi LSP-1 milik sendiri yang telah memperoleh lisensi mulai tahun 2018. “Kami memiliki komitmen untuk mencetak lulusan dengan 3 C, yaitu Character, Competency, dan Collaborative,” katanya.

Wisuda ke-XX dihadiri oleh orang tua atau wali wisudawan, para undangan yang berasal dari stakeholders pariwasata, perwakilan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti), dan pemerintah daerah.

Seusai upacara wisuda ke-XX, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc., hadir meresmikan kampus STP Mataram dengan menandatangani prasasti peresmian kampus, dan ditandai dengan pelepasan burung merpati. Dilanjutkan dengan soft opening Lombok Vaganza Hotel and Convention ditandai dengan Gubernur menggunting pita.

Gubernur mengapresiasi keberadaan hotel yang dikelola untuk menunjang kampus. “Sekolah pariwisata yang benar itu seperti ini, anak langsung mempraktikkan. Manajemen harus siap mengelola,” katanya. (ron/*)