Gubernur NTB Jadi Koki di Hari Kartini

Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah bersama istri Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah saat menjadi koki dalam lomba memasak dalam rangka memperingati Hari Kartini 2019. (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Peringatan Hari Kartini tahun 2019 di NTB, Minggu, 21 April 2019 di ajang Inspiratif Expo Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) NTB sungguh sangat spesial. Acara ini dimeriahkan fashion show tenun khas NTB yang diikuti juga Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M.Sc, Ketua Tim Penggerak PKK NTB yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov NTB serta duta-duta Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) NTB.

Selain itu, Sekda NTB, Ir. H. Rosiady H. Sayuti, M. Sc, Ph.D, Danrem 162/WB, Kol. CZI Ahmad Rizal Ramdhani, SH, M. Han, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) NTB, Achris Sarwani, perwakilan Brimob Polda NTB  hingga Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  juga ikut berpartisipasi.

Iklan

Pada peringatan Hari Kartini ini juga, gubernur, Sekda, Danrem, Kepala Perwakilan BI NTB dan beberapa pimpinan OPD ikut lomba memasak. Ratusan warga di arena car free day di Jalan Udayana menyaksikan aksi gubernur hingga Kepala OPD yang menjadi koki dan model dadakan.

Ketua Dekranasda NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah dalam sambutan singkatnya, mengingatkan pada semua pihak, khususnya kaum perempuan di NTB untuk mengenang jasa-jasa Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan agar posisi wanita bisa setara dengan kaum laki-laki. Termasuk bagaimana kaum perempuan mencari hikmah atas perjuangan Raden Ajeng Kartini di masa sekarang ini.

‘’Saat ini, bukan lagi memperjuangkan persamaan hak untuk belajar dan lain-lain. Tapi bagaimana perempuan mendapatkan akses untuk meningkatkan kapasitas dan kualitasnya,’’ ujarnya.

Terkait peringatan Hari Kartini tahun 2019 ini, ujarnya, pihaknya menggelar lomba memasak yang diikuti sejumlah pejabat daerah yang laki-laki. Keikutsertaan pejabat mengikuti lomba ini sebagai bukti, jika para pejabat mendukung kaum perempuan dalam melakukan kegiatan peningkatan pendidikan, keterampilan dan kemampuan untuk semakin baik lagi.

Sebagai Ketua Dekranasda NTB, pada peringatan Hari Kartini ini juga dimeriahkan dengan Fashion Show Tenun NTB On the Street yang diikuti pimpinan OPD lingkup Pemprov NTB dan anggota IPEMI NTB.

Sementara Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M.Sc., dalam sambutannya, mengharapkan agar  perempuan NTB memiliki kepercayaan diri menatap masa kini. Pada kesempatan ini gubernur menceritakan tentang perjuangan Kartini dalam memperjuangkan kesetaraan di Indonesia. ‘’Hari Kartini identik dengan hari merayakan perempuan dan ibu-ibu di Indonesia. Sebelum era Kartini, menjadi perempuan adalah suatu beban di masyarakat,’’ ujarnya.

Setelah itu, dengan keberaniannya Kartini menyatakan bahwa perempuan adalah setara dengan laki-laki pada umumnya. Sehingga harus diberi kesempatan juga untuk pengembangan diri dan pembangunan Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, gubernur memuji keberanian perempuan di NTB yang  jarang ditemui di Indonesia. Ia mengatakan perempuan NTB hebat-hebat.

Gubernur menyebut NTB merupakan daerah yang paling banyak memiliki kepala dinas dari perempuan. Bahkan katanya, NTB dapat mencatat rekor MURI dengan kepala dinas perempuan terbanyak.

Apapun masanya, kata gubernur yang biasa disapa Dr. Zul ini, perempuan dikenal dengan 3B, yaitu, Beauty, Brain, and Behavior. Perempuan yang sempurna adalah perempuan yang memiliki kecerdasan, cantik, dan memiliki akhlak yang mulia. ‘’Dan perempuan-perempuan  NTB ini bukan hanya punya Brain, Beauty, Behavior, tapi juga punya brave, keberanian,’’ pujinya.

Dr. Zul mengatakan, NTB memiliki Wakil Gubernur seorang perempuan. Dan sejumlah Kepala OPD perempuan, seperti Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan,  Asisten I dan III serta Staf Ahli Gubernur.

‘’Dengan merayakan hari Kartini, mudah-mudahan tidak hanya sebatas pesta-pesta. Tapi perempuan harus diberikan peran dalam membangun peradaban manusia di Indonesia ini,’’ tandas orang nomor satu di NTB.

Sementara itu, pantauan Suara NTB, masyarakat antusias menyaksikan lomba memasak dan Fashion Show Tenun NTB on The Street yang dilaksanakan di depan Kantor DPRD NTB tersebut. Gubernur didampingi istri yang juga Ketua Dekranasda NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, SE, M. Sc. Gubernur memasak nasi goreng yang dinamakan Nasi Goreng NTB Gemilang.

Pada kesempatan itu, Hj. Niken Saptarini Widyawati mengaku, jika Dr. Zul – sapaan akrab gubernur terakhir memasak saat mereka masih kuliah. Begitu juga Sekda NTB H. Rosiady H. Sayuti terakhir memasak untuk istri tercinta saat bertugas sebagai dosen di Universitas Mataram.

Lomba memasak tersebut dinilai langsung dua chef hotel terkenal di Mataram. Dalam lomba memasak nasi goreng tersebut keluar sebagai juara Kepala Perwakilan BI NTB,Achris Sarwani, Danrem 162 /WB, Kol. CZI Ahmad Rizal Ramdhani, SH, M.Han., di peringkat kedua dan dari perwakilan Brimob Polda NTB di peringkat ketiga. (nas)