Gubernur Minta Rencana Pembangunan Dalam Bentuk Video

H. Zulkieflimansyah (Suara NTB/humassetdantb)

Mataram (Suara NTB) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE.M.Sc meminta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi NTB untuk bisa membuat visualisasi kondisi Provinsi NTB untuk lima tahun mendatang.

Menghadirkan visualisasi terkait perencanaan pembangunan di NTB dinilai sangat penting. Karena dengan adanya gambaran konsep yang dibuat dalam bentuk video akan melahirkan semangat dan optimisme kepada setiap orang yang melihatnya.

Iklan

‘’Sekarang ini bukan eranya lagi kita membuat perencanaan yang tebal-tebal. Dengan teori-teori yang membuat orang bosan untuk membacanya,’’ ujar gubernur dalam acara silaturahim dan Pembinaan ASN Bappeda Provinsi NTB, Senin, 29 Juni 2020.

Gubernur yang didampingi Asisten II Provinsi NTB, Ir. H. Ridwan Syah dan sejumlah Kepala OPD mengatakan, perencanaan yang praktis akan membuat orang  cepat memahaminya. Dengan adanya visualisasi terkait gambaran perencanaan pembangunan di NTB lima atau tiga tahun mendatang, maka NTB akan memiliki gambaran yang jelas dan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang.

Gubernur berharap, Bappeda NTB akan menjelma menjadi pusat edukasi untuk masyarakat NTB. Khusus terkait perencanaan NTB ke depan. Untuk itu, ia meminta jajaran Bappeda bisa menghadirkan visualisasi perencanaan pembangunan NTB lima tahun ke depan di pintu masuk Kantor Bappeda.

‘’Bappeda harus jadi pusat edukasi, anak TK, SD hingga perguruan tinggi. Bahkan siapapun bisa datang untuk belajar dan menyaksikan video seperti apa kondisi NTB mendatang di sini,’’ ujar Dr. Zul.

Dengan adanya visualisasi itu, gubernur berharap akan terbangun optimisme tinggi di kalangan generasi muda NTB. Karena mereka akan memiliki banyangan tentang kondisi masa depan NTB.

‘’Perencanaan ke depan harus ada energi yang membuat orang kehilangan harapan menjadi semangat dan membuat seluruh masyarakat NTB punya harapan besar,’’ tegasnya.

  KSB akan Tarik Retribusi Menara Telekomunikasi

Ia mencontohkan, salah satu perencanaan NTB ke depan adalah pengembangan motor listrik oleh IKM/UKM di NTB. Menurutnya konsep transportasi masa depan di wilayah NTB adalah kendaraan yang bebas emisi, sehingga NTB akan bebas polusi udara dan polusi suara.

‘’Motor listrik ini telah mampu diciptakan oleh anak-anak NTB,’’ ungkapnya.

Untuk itu ke depan Pemprov NTB akan terus memberikan peran besar kepada IKM/UKM yang ada di NTB. Khsusnya dalam melakukan produksi massal kendaraan listrik sebagai kendaraan masyarakat.

‘’Tidak ada yang tidak bisa kita buat, motor listrik, cool storage tenaga matahari, semua bisa kita ciptakan, asal anak-anak muda NTB diberikan kesempatan,’’ katanya. (nas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here