Gubernur Imbau Calon TKI Tempuh Prosedur Legal

Mataram (suarantb.com) –  Gubernur  NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi mengimbau kepada masyarakat khususnya para calon TKI, untuk memenuhi regulasi dan peraturan terkait keberangkatan TKI yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Demikian disampaikannya saat ditemui suarantb.com, usai menghadiri acara peringatan HUT ke-27 RSJ Mutiara Sukma di Selagalas, NTB.

Tanggapan tersebut disampaikan sehubungan dengan ditemukannya satu korban tewas dalam tragedi tenggelamnya kapal pengangkut TKI yang tenggelam di perairan Malaysia, pada 23 Januari 2017, tepatnya di dekat Kota Mersing, Johor.

Iklan

Menurutnya, pemerintah telah menyediakan sarana untuk para calon TKI, dalam hal menambah kemampuan dan pengetahuan serta  bekal untuk mempersiapkan diri. Begitu pula dengan persiapan keberangkatan mereka.

Namun tidak dapat dipungkiri, bahwa tidak sedikit dari para calon TKI tersebut, yang tidak memenuhi prosedur legal.

Umumnya, mereka tergiur oleh iming-iming agen TKI yang tidak resmi. Terutama karena mereka menawarkan harga yang jauh lebih murah.  Sehingga ketika aspek legalitas diabaikan, maka kejadian-kejadian seperti kapal TKI ilegal yang tenggelam, akan terus berulang.

“Saya dapat laporan katanya itu TKI itu illegal. Padahal  kita udah siapkan, kita fasilitasi,  udah diberikan sarana untuk mereka  calon TKI itu untuk mempersiapkan diri lebih baik. Juga mengikuti prosedur legal.  Tapi kalau mereka tetap  tergiur sama agen-agen yang menawarkan harga lebih murah tapi ilegal, ya ini nggak akan selesai, “ ujarnya.

Gubernur juga berpendapat bahwa seringnya terjadi kejadian yang berulang terkait tenggelamnya kapal pengangkut TKI, tidak lepas dari pilihan masyarakat, para calon TKI untuk memilih menggunakan prosedur legal yang minim resiko, atau ilegal yang lebih beresiko. (hvy)

  Pemilik Kapal Pengangkut TKI Tenggelam di Malaysia Diduga dari NTB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here