Gubernur Geser Dua Kepala Biro Sembilan Jabatan Kepala OPD Diseleksi Terbuka—besar

Sekda NTB, H. Lalu Gita Ariadi melantik dan mengambil sumpah jabatan dua pejabat eselon II, tiga widyaiswara utama dan puluhan pejabat fungsional lingkup Pemprov NTB, Selasa, 23 Februari 2021. (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) -Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., menggeser jabatan dua kepala biro bersamaan dengan pelantikan tiga widyaiswara utama dan puluhan pejabat fungsional lingkup Pemprov NTB, Selasa, 23 Februari 2021. Sementara, sembilan jabatan Kepala Organisasi Perangkat (OPD) yang lowong akan segera dilakukan pengisian melalui seleksi terbuka yang akan segera diumumkan Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Pemprov NTB.

Dua kepala biro yang digeser ke jabatan baru, yaitu Kepala Biro Perekonomian Setda NTB, drh. Aminurahman, M. Si., digeser menjadi Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Politik, Hukum dan Pelayanan Publik dan Kepala Biro Pemerintahan Setda NTB, Lalu Abdul Wahid, S.H., M.H., digeser menjadi Kepala Bakesbangpoldagri NTB.

Iklan

Sedangkan tiga pejabat eselon II yang dilantik menjadi widyaiswara, antara lain Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB, yaitu Dr. Drs. H. Lalu Syafi’I, M.M., Kepala Biro Administrasi Pembangunan, Ir. Andi Pramaria, M. Si dan Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Politik Hukum dan Pelayanan Publik, Dr. M. Agus Patria, S.H., M.H.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan Sekda NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M. Si., didampingi Asisten III Setda NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A., dan Kepala BKD NTB, Drs. Muhammad Nasir. Serta dihadiri sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemprov NTB.
Sekda NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M. Si mengatakan, segera akan dilakukan seleksi terhadap sembilan jabatan Kepala OPD yang lowong dan sudah lama diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt). Habis ini bergerak, besok kita segera umumkan ada Pansel. Jabatan yang masih dijabat Plt akan dipansel, kata Gita dikonfirmasi pelantikan di Gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur, Selasa, 23 Februari 2021.

Gita menyebutkan, sembilan jabatan Kepala OPD yang akan segera dilakukan seleksi terbuka oleh Pansel. Antara lain, Kepala Dispora, Kepala Dinas Perkim, Kepala Biro Pemerintahan, Kepala Biro Administrasi Pembangunan, Kepala Biro Perekonomian, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan), Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun), Dinas Perpustakaan dan Kerarsipan serta Direktur RSUD NTB.

Sekda menjelaskan di tengah pandemi Covid-19, terjadi pelemahan ekonomi. Sehingga keberadaan Biro Perekonomian cukup penting supaya ekonomi NTB segera reborn.
Sehingga, jabatan Kepala Biro Perekonomian akan segera dilakukan seleksi terbuka oleh Pansel. Di tengah keterbatasan anggaran daerah, UMKM dan pelaku usaha harus bisa dibantuk memperoleh akses keuangan.

Bagaimana KUR (Kredit Usaha Rakyat) terdistribusi dengan baik. Dengan bergeraknya ekonomi pada level grassroot (akar rumput), itulah sebagai penahan agar tak terjadinya keterpurukan angka kemiskinan, ujarnya.

Sementara, Kepala BKD NTB, Drs. Muhammad Nasir mengatakan masih menunggu perintah terkait dengan pembukaan seleksi terbuka sembilan kepala OPD yang saat ini masih lowong. Jika seleksi sudah dibuka, ia mengatakan prosesnya akan berlangsung selama 20 hari.
Sekarang prosesnya 20 hari dengan pelantikan. Pendaftaran cuma 5 hari, dan seleksi dua minggu, tandas Nasir. (nas)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional