Gubernur Diundang ke Abu Dhabi, Bahas Kesiapan Gelaran Formula 1 di Sirkuit Mandalika

H. Zulkieflimansyah. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., diundang ke Abu Dhabi untuk membahas kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah gelaran Formula 1 di Sirkuit Mandalika. Gubernur akan terbang ke Abu Dhabi menghadiri undangan penyelenggara balap Formula 1 pada 11 – 12 Desember mendatang.

“Saya tanggal 11 – 12 Desember ke Abu Dhabi diundang untuk (kesiapan penyelenggaraan) Formula 1. Diundang oleh (penyelenggara) Formula 1 untuk menindaklanjuti pembicaraan,” kata Gubernur dikonfirmasi di Pendopo, Selasa, 30 November 2021.

Iklan

Dalam pertemuan tersebut, nantinya penyelenggara akan memastikan keseriusan Indonesia dalam menggelar balap Formula 1 di Sirkuit Mandalika.  Karena berkaitan dengan dana komitmen awal atau commitment fee yang harus disetorkan untuk penyelenggaraan Formula 1.

‘’Karena komitmen pembayaran Formula 1 itu jauh lebih besar daripada  MotoGP. Kita belum tahu besarannya. Tapi lebih besar dari MotoGP. Dan ini yang bayar Presiden (Pemerintah Pusat),’’ ujar Gubernur.

Presiden katanya, sangat mendukung penyelenggaraan balap mobil Formula 1 di Sirkuit Mandalika. Bahkan Presiden mengatakan, jangan hanya dilihat dari hitung-hitungan atau kalkulasi finansial seperti pembelian tiket dan lainnya.

Tetapi, dampak dari penyelenggaraan Formula 1 yang akan mengangkat branding Indonesia. Gubernur mengatakan, Presiden telah membangun infrastruktur jalan, jembatan dan lainnya. Tetapi dunia tidak mengetahuinya.

Namun, dengan membangun Sirkuit Mandalika yang telah sukses menyelenggarakan World Superbike (WSBK), 19 – 21 November lalu. Perhatian dunia tertuju ke Indonesia yang sukses menyelenggarakan WSBK Mandalika di tengah pandemi Covid-19. Bahkan, kata Gubernur, WSBK Mandalika ditonton oleh 1,6 miliar penduduk dunia.

‘’Dan kalau dinilai orang iklan sebentar saja Rp5 miliar. Kalau dilihat brand equity-nya itu lebih dari Rp100 miliar. Itu lebih dari 200 juta euro kita lihat,’’ sebutnya.

Dengan adanya gelaran – gelaran internasional yang akan berlangsung di NTB, Gubernur menyatakan dapat terus menumbuhkan perekonomian masyarakat. Ia juga menyampaikan bahwa Pemerintah tengah serius mempersiapkan gelaran MotoGP 2022 yang akan berlangsung pada 20 Maret di Sirkuit Maandalika.

Perkiraannya, event MotoGP akan menjadi gelaran yang skalanya 10 kali lebih besar dibandingkan WSBK 2021 yang telah sukses digelar. Disebutkan, jumlah penonton MotoGP sekitar 200 ribu orang. Dengan sisa waktu tiga bulan ini, Pemerintah terus memaksimalkan persiapan gelaran MotoGP 2022.

Saat rapat terbatas dengan Presiden dan sejumlah menteri di Istana Bogor, pekan lalu, gelaran WSBK telah mampu menyedot perhatian dunia. Oleh karena itu, bukan saja sirkuit yang akan terus dipermak, namun fasilitas penunjang juga akan diperhatikan oleh Pemerintah Pusat.

“Para pengunjung sudah melihat bahwa Sirkuit Mandalika sangat indah. Kalau disempurnakan bukan menjadi mustahil, ini akan menjadi ikon yang mengantarkan kita untuk dikenal dunia secara lebih luas apalagi kalau pelaksanaan MotoGP sukses,’’ tandas Gubernur. (nas)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional