Gubernur dan Sekda Jamin Infrastruktur MotoGP Tuntas Tepat Waktu

Zulkieflimansah dan H. Lalu Gita Ariadi (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Antusiasme masyarakat jelang perhelatan MotoGP Mandalika 2021 mendatang cukup tinggi. Hal ini terlihat dari jumlah masyarakat yang sudah memesan pre-booking tiket MotoGP Mandalika yang mencapai 4.000 orang selama 10 hari sejak dibuka secara online 20 Januari lalu.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc bersyukur melihat antusiasme masyarakat yang cukup tinggi ingin menyaksikan perhelatan balap motor internasional di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika tersebut. Gubernur memastikan pembangunan sejumlah infrastruktur strategis untuk mendukung perhelatan MotoGP Mandalika 2021 akan tuntas tepat waktu.

Iklan

‘’Kalau kita lihat, pembangunan (Sirkuit Mandalika) sesuai rencana,’’ kata gubernur dikonfirmasi usai melantik dan mengambil sumpah jabatan 260 pejabat fungsional di Kantor Gubernur, Jumat, 31 Januari 2020.

Selain memastikan pembangunan Sirkuit Mandalika akan tuntas tepat waktu. Orang nomor satu di NTB ini juga memastikan pembangunan infrastruktur pendukung MotoGP seperti perpanjangan runway Bandara Internasional ZAM, pembangunan jalan by pass BIZAM – KEK Mandalika dan Rumah Sakit Internasional Mandalika juga terus digesa agar selesai dikerjakan sesuai rencana.

‘’Infrastruktur yang lain terus kita gesa. Mudah-mudahan pada saatnya, pas mulai (MotoGP), kita sudah siap,’’ ujar Dr. Zul.

Terpisah, Sekda NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M. Si mengatakan antusiasme masyarakat yang cukup tinggi untuk menyaksikan secara langsung balap MotoGP 2021 menginspirasi dan memotivasi Pemprov dan semua pihak terkait untuk mempersiapkan perhelatan MotoGP 2021 dengan sebaik-baiknya. Apapun yang kontribusi Pemda yang dibutuhkan PT. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) akan diberikan.

“Minimal menciptakan suasana aman, tertib, kesan positif di daerah kita. Itu semua kontribusi masyarakat,” kata Sekda.

Ia mengatakan kerja ITDC untuk mempersiapkan perhelatan balap MotoGP sudah jelas. Begitu juga dukungan Pemerintah Pusat dalam pembangunan infrastruktur penunjang. Tugas Pemprov melalui tim yang telah dibentuk gubernur adalah memback up apa saja yang belum tertangani oleh ITDC dan pihak terkait lainnya.

“Ini peluang yang bagus. Sehingga ayo bersinergi mempersiapkan segala-galanya dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Gita mengatakan pembangunan Sirkuit Mandalika dan infrastruktur pendukung MotoGP 2021 terus dikawal. “ITDC kerjanya bagaimana, kemudian akses jalan, rumah sakit semua diatensi Pemprov. Pembangunan infrastruktur dipastikan selesai tepat waktu. Itu kita monitor semua,” terangnya.

Tahun ini menjadi pertaruhan bagi NTB yang akan menjadi tuan rumah perhelatan akbar balap MotoGP 2021 mendatang. Seluruh infrastruktur pendukung termasuk pembangunan Sirkuit Mandalika harus benar-benar dipastikan dapat digunakan pada 2021.

Pembangunan sarana pendukung selain sirkuit, seperti perpanjangan runway dan perluasan Bandara Internasional Lombok, pembangunan jalan by pass dari Bandara Internasional Lombok menuju KEK Mandalika dan pembangunan Rumah Sakit Internasional Mandlika terus dikawal. Agar dapat tuntas sesuai time schedule yang telah dibuat.

Selain itu, dukungan moda transportasi juga mulai dipersiapkan. Tim Percepatan Dukungan Penyelenggaraan MotoGP yang dibentuk Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc akan membahas lebih konkret lagi soal persiapan MotoGP 2021.

Untuk kesiapan venue utama sudah ditangani oleh ITDC. Termasuk mengenai pembangunan sirkuit, penjualan tiket, ITDC sudah punya MGPA yang menangani masalah tersebut.

Tugas Pemda, baik provinsi dan kabupaten/kota, kata Gita, ketika Lombok dikunjungi ratusan ribu pengunjung dari dalam dan luar negeri pada pelaksanaan MotoGP Mandalika. Maka dipastikan mereka juga akan berwisata di NTB.

Sehingga tugas Pemda memastikan infrastruktur jaringan komunikasi tersedia. Untuk itu, daerah-daerah wisata terutama di KEK Mandalika dan sekitarnya tidak boleh ada blank spot atau tak ada sinyal telekomunikasi. “Maka Diskominfotik bersama jajaran terkait yang mempersiapkan,” tandasnya. (nas)