Gubernur dan Bupati Sumbawa Luncurkan Motor Listrik “NgebUTS”

Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah bersama Forkopimda NTB dan Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril saat peluncuran motor listrik NgebUTS, di Kabupaten Sumbawa, Jumat, 5 Juni 2020.(Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB)-Gubernur NTB, Dr.H.Zulkieflimansyah, Kapolda NTB, Irjen Pol. M. Iqbal, SIK, MH, Kajati NTB, Nanang Sigit Yulianto, SH.MH serta Bupati Sumbawa, H.M.Husni Djibril, B.Sc, secara resmi meluncurkan motor listrik NgebUTS yang merupakan hasil karya Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) Jumat, 5 Juni 2020, di Halaman Kantor Bupati Sumbawa.

“Ini sebenarnya pesannya sederhana, jangankan permen susu, jangankan jadi pekerja tambang, orang NTB bisa bikin motor listrik sekalipun yang sangat canggih. Jadi tidak ada yang tidak mungkin, itu semangatnya sebenarnya, tegas gubernur saat peluncuran perdana NgebUTS, seraya memesan motor listrik produksi UTS ini sebanyak 20 unit. Pesanan itu merupakan bentuk apresiasinya terhadap motor listrik buatan asli anak NTB ini.

Iklan

Motor listrik yang diberi nama NgebUTS ini dapat bertahan sampai 30 Km tanpa mengayuh pedal dan 40-60 Km apabila pedalnya dikayuh. Kecepatan dari sepeda motor NgebUTS dapat dipengaruhi oleh berat beban pengendara.

Sepeda motor listrik ini selain menggunakan tenaga listrik sebagai sumber energinya, juga menggunakan solar power sebagai tenaga pengganti listrik pada motor yang sudah terpasang instalasi solar power. Kendaraan ini didayai dengan biaya yang rendah yaitu jika dirupiahkan hanya menghabiskan Rp1.500 dalam sekali pengisian.

Ke depannya sepeda motor listrik NgebUTS akan diproduksi lebih banyak lagi oleh Tim NgebUTS. Motor Listrik juga akan terus diproduksi sebagai bentuk dukungan Universitas Teknologi Sumbawa terhadap event MotoGP Mandalika.

Rektor UTS, Dr. Chairul Hudaya, mengungkapkan motor listrik ini adalah buah dari tantangan Gubernur NTB untuk UTS beberapa waktu yang lalu. Sekaligus membuktikan anak-anak NTB dapat bersaing dengan daerah lain di bidang engineering. UTS betul-betul ingin menciptakan dunia industri di NTB yang mengedepankan kreativitas IKM/UMKM sesuai dengan visi gubernur. Motor listrik ini adalah hasil dari civitas akademika berkolaborasi dengan UMKM lokal. Hal ini membuktikan bahwa anak-anak putra putri terbaik di Sumbawa ini bisa berkarya, tegasnya.

Ke depannya, lanjut Chairul, pihaknya akan berkolaborasi dengan China, khusus terkait manufaktur. Sebab untuk membuat suatu pabrik itu butuh investasi besar. Jadi kita berkolaborasi dengan China yang sudah biasa membuat motor listrik,terangnya.

Lalu kapan produksi masal? Saat ini ada sekitar 30 unit pesanan yang segera dikerjakan. Ditargetkan pengerjaannya bisa rampung hingga akhir bulan Juli. Alhamdulillah keberpihakan dari pemerintah daerah dan Pemprov. Apalagi baru saja ada Peraturan Gubernur tentang sepeda motor listrik. Jadi beliau sangat konsen dengan produk lokal, industrialisasi itu dalam meningkatkan nilai tambah. Itu luar biasa,jelasnya. (arn/ind)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional